Ilustrasi teroris bersenjata, Foto: Ist/Kriminologi.id

AS Masukkan Cabang Al-Qaeda di Afrika Barat Kelompok Teroris

Estimasi Baca:
Kamis, 6 Sep 2018 12:55:36 WIB

Kriminologi.id - Cabang resmi Al-Qaeda di Afrika Barat yang menamakan diri sebagai Jama'at Nusrat al-Islam wal-Muslimin (JNIM), resmi masuk dalam teroris asing oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. JNIM mengklaim bertanggung jawab atas berbagai serangan dan penculikan sejak dibentuk pada Maret 2017.

Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pertanyaan mengatakan kelompok itu telah menyatakan dirinya sebagai cabang resmi Al-Qaeda. 

Amerika Serikat menambahkan JNIM dalam daftar teroris asing untuk mencegah kelompok tersebut melakukan perencanaan dan melaksanakan serangan teror.

"Di antara konsekuensi lainnya, semua properti dan kepentingan properti JNIM yang ada di bawah yurisdiksi AS diblokir," kata pernyataan itu seperti dilansir dari Anadolu Agency, Kamis, 6 September 2018.

Penambahan itu juga untuk menolak akses kelompok tersebut ke sistem keuangan AS, ujar pernyataan itu menambahkan.

JNIM bertanggung jawab atas serangan pada Juni 2017 di sebuah resor yang populer dengan ekspatriat Barat di luar ibukota Mali, Bamako. Selain itu JNIM juga mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap tentara Mali dan serangan di Ouagadougou, Maret 2017.

Amerika Serikat juga menilai JNIM merupakan ancaman mematikan bagi Amerika Serikat dan sekutu. Kelompok JNIM merupakan gabungan dari kelompok-kelompok lokal, kemudian didukung oleh Al Qaeda di Maghreb Islam.

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500