Dok. Bom Bunuh diri meledak di kota Peshawar, Pakistan (10/7/2018) Foto: Anadolu

Bom Bunuh Diri Jelang Pemilu Targetkan Politikus Senior Pakistan

Estimasi Baca:
Jumat, 13 Jul 2018 16:25:45 WIB

Kriminologi.id - Sedikitnya empat orang tewas dan 20 orang lainnya terluka dalam sebuah ledakan bom bunuh diri yang terjadi pada acara sebuah rapat umum pemilihan umum di Pakistan, Jumat, 13 Juli 2018. Bom tersebut diduga menargetkan seorang kandidat dari aliansi lima partai agama.

Ledakan bom bunuh diri tersebut terjadi di distrik Bannu, kawasan terpencil yang berbatasan dengan kawasan suku Waziristan Utara.

Dalam peristiwa itu, pelaku pengeboman menggunakan sepeda motor yang sudah diisi bahan peledak. Pelaku menambrakkan sepeda motor tersebut beberapa menit setelah berakhirnya pemilihan umum.

Siaran lokal ARY News seperti dikutip dari Anadolu melaporkan, politisi senior Akram Kham Durrani, seorang kandidat dari aliansi lima partai agama Muttehida Majlis Amal (MMA) menjadi target serangan itu.

Namun Durrani berhasil melarikan diri tanpa cedera dalam serangan itu. Durrani yang merupakan mantan kepala menteri provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhawa sedang melawan Imran Khan, mantan bintang kriket terkenal dari Bannu.

Durrani mengatakan kepada ARY News bahwa dia tidak ada di tempat ketika ledakan terjadi. Ini adalah serangan kedua pada kandidat MMA di Bannu dalam dua minggu terakhir. Pemilihan Pakistan dijadwalkan pada 25 Juli.

Sebelumnya sebuah bom bunuh diri meledak saat gelaran kampanye pemilihan calon majelis provinsi di Yakatoot, Peshawar, Pakistan. Dalam ledakan itu, 12 orang tewas dan 35 orang lainnya terluka.

Selain itu seorang calon majelis provinsi setempat tewas setelah dilarikan ke rumah sakit. Menurut pihak kepolisian setempat, bom tersebut meledak di dekat Haroon Bilour, seorang calon majelis provinsi.

Serangan itu terjadi setelah bom pinggir jalan meledak di dekat rapat umum pemilihan umum di distrik Bannu pekan lalu.

Serangan itu melukai tujuh orang, termasuk seorang calon majelis provinsi Muttahida Majlis-e-Amal (MMA). Peshawar berbatasan dengan distrik Khyber, yang dulu merupakan kubu militan Pakistan.

KOMENTAR
500/500