Ilustrasi: bom bunuh diri hantam Masjid. Foto: Twitter/@dna

Bom Meledak di Masjid Saat Salat Jumat, 25 Orang Tewas

Estimasi Baca:
Jumat, 3 Ags 2018 21:00:58 WIB

Kriminologi.id - Sebuah bom meledak di sebuah masjid pengikut Syiah yang sedang melaksanakan salat Jumat. Akibat ledakan bom tersebut, 25 orang tewas dan 40 orang mengalami luka serius.

Serangan bom bunuh diri itu terjadi di masjid Khawaja Hassan di kota Gardez, provinsi Paktia, Afghanistan. Kepolisian Afghanistan mengatakan belum ada yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan bom tersebut.

Namun, kepolisian mengatakan bahwa setidak-tidaknya dua pria dilaporkan memasuki masjid itu yang dipenuhi sekitar 60 orang untuk melaksanakan salat Jumat.

"Petugas penanganan darurat mengumpulkan 25 jenazah dan 40 orang segera dibawa ke rumah sakit," kata Abdullah Hazrat, pejabat tinggi pemerintah Afghanistan seperti dilansir Reuters, Jumat. 3 Agustus 2018.

Seorang saksi mengatakan, jemaah masjid sedang salat ketika seorang pria meledakkan diri dengan bom yang dibawanya. Sementara penyerang kedua dilaporkan melancarkan tembakan ketika jemaah berkumpul.

Otoritas Afghanistan dilaporkan berupaya menghindarkan kekerasan antarsuku yang telah menghancurkan negara seperti Irak. 

Namun ada peningkatan jumlah serangan ke target kalangan Syiah dalam beberapa tahun belakangan meski belum ada sensus tepercaya yang dapat menunjukkan seberapa besar masyarakat Syiah di Afghanistan.

Kelompok Syiah diperkirakan berkisar antara 10-20 persen dari keseluruhan jumlah warga dan sebagian besar di antaranya berasal dari kelompok suku berbahasa Persia, Hazara, dan Tajik.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500