Ilustrasi Bom. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Bom Meledak di Pasar Malam, 2 Tewas dan 37 Terluka

Estimasi Baca:
Rabu, 29 Ags 2018 11:50:52 WIB

Kriminologi.id - Sebuah bom meledak di sebuah pasar malam dalam peringatan Festival Hamungaya, peringatan hari jadi Kota Isulan, Filipina Selatan. Dua orang tewas dan 37 orang lainnya terluka dalam serangan yang menargetkan aparat keamanan, penjaga festival tersebut.

Ledakan bom itu terjadi di kerumunan warga di kota Isulan, provinsi Sultan Kudarat. Saat itu warga memadati kawasan festival di mana pasar malam dan kegiatan lainnya diadakan. Ledakan itu terjadi di dekat sebuah pom bensin ketika Isulan merayakan ulang tahun ke-61.

Berdasarkan penyelidikan awal, bom itu ditempatkan di sebuah sepeda motor yang diparkir dan meledak ketika sebuah truk militer melintasi sepeda motor tersebut. Di antara yang terluka adalah dua tentara yang mengamankan kawasan tersebut.

"Tampaknya musuh menargetkan pasukan keamanan menjaga kegiatan festival," kata Kapten Arvin Encinas dari Divisi 6 Angkatan Darat sebagaimana dikutip oleh media lokal, dikutip dari Anadolu Agency, Rabu, 29 Agustus  2018.

Sementara itu, kantor walikota setempat mengatakan dua bom lainnya juga ditemukan di kawasan itu dan dijinakkan oleh pihak berwenang.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas peristiwa itu. Kepala polisi setempat, Inspektur Polisi Celestino Daniel, mengatakan penyelidikan awal mengarah kepada "beberapa orang".

Encinas juga mengisyaratkan bahwa Pejuang Kebebasan Islam Bangsamoro (BIFF) yang terkait dengan ISIS adalah satu-satunya kelompok dengan "keinginan terkuat untuk memulai serangan semacam ini".

BIFF adalah kelompok yang berupaya memisahkan diri dari sekitar 1.000 pengikut bersenjata yang berjuang untuk sebuah negara Moro yang merdeka.

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500