Dok. Penggerebekan terduga teroris di Perumahan Duta Bintaro Tangerang (16/5/2018). Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Dua Terduga Teroris yang Ditangkap di Cirebon Anggota JAD

Estimasi Baca:
Kamis, 17 Mei 2018 20:55:16 WIB

Kriminologi.id - Dua terduga teroris yang ditangkap di Kota dan Kabupaten Cirebon merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Tambun. Penangkapan kedua tersangka merupakan hasil pengembangan yang dilakukan Polri dan berkaitan dengan empat terduga teroris yang di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

"Ini merupakan jaringan JAD, kalau yang di kota masih kita 'silent' dulu," kata Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Cirebon, Kamis, 17 Mei 2018.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap dua orang di Kota dan Kabupaten Cirebon yang diduga terlibat kasus terorisme, Kamis, 17 Mei 2018.

"Telah dilakukan kegiatan penegakan hukum terduga teroris berinisial H dan S," tuturnya.

Keduanya ditangkap dari kaitan yang dilakukan Polri dan berkaitan dengan empat terduga teroris di Tambun.

"Kedua tersangka ini, merupakan pengembangan dari keterangan yang ditangkap di Tambun, dimana menyebutkan dua orang H dan S," ujarnya.

Agung mengatakan dua terduga teroris itu ditangkap di wilayah Kabupaten Cirebon dan satunya lagi wilayah Kota Cirebon.

Penangkapan itu dilakukan dari hasil penggeledahan di rumah kontrakan saudara J yang sudah tertangkap saat bom di Jalan Thamrin Jakarta.

"Dan sekarang J masih dalam tahanan, oleh karena itu tadi dilakukan penggeledahan supaya meyakinkan bahwa rumah tersebut apa isinya dan jangan sampai membahayakan masyarakat," lanjutnya.

Karena salah satu dari terduga teroris yang berinisial S menempati kontrakan yang dulu ditempati J dan tadi digeledah oleh Densus. Menurutnya, penggeledahan itu supaya masyarakat betul-betul aman, barang bukti yang telah diamankam ada dua aki yang berukuran besar.

"Padahal yang bersangkutan tidak mempunyai motor. Yang lain tidak ada yang signifikan, tersangka dan barang bukti kami bawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Densus," kata Agung.

Densus menggeledah rumah kontrakan tersangka S yang berada di RW 02 RT 05 Desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sedangkan H diringkus di Kota Cirebon.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500