Pembuat Video Teror Tarakan Santri Penderita Tifus Pesantren Gresik 

Estimasi Baca :

Cuplikan video ancaman teror di Kota Tarakan. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Cuplikan video ancaman teror di Kota Tarakan. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Pemuda pembuat video ancaman teror di Tarakan, Kalimantan Utara berinisial AS ternyata seorang santri di salah satu Pondok Pesantren di daerah Gresik, Jawa Timur. Pria berusia 22 tahun itu kini telah diterbangkan ke Jakarta usai ditangkap dari Detasemen Khusus atau Densus 88. 

"Dari hasil pemeriksaan ibundanya AS, ternyata AS ini salah satu santri di pondok pesantren di Gresik," kata Kapolres Tarakan, Ajun Komisaris Besar Yudhistira Midyawaman, saat dihubungi dari Jakarta pada Kamis, 17 Mei 2018.

Menurut Yudhistira, pelaku AS kembali dari Gresik ke Tarakan lantaran dirinya tengah menderita sakit tifus. Ia berencana akan kembali ke Gresik setelah Lebaran nanti.

"Ia pulang ke Tarakan, karena sakit tipes. Rencananya setelah Lebaran dia akan kembali ke pesantren di Gresik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Yudhistira mengatakan, pihak Densus 88 menangkap AS pada Rabu malam, 16 Mei 2018. Saat digeledah di rumah kontrakan AS di daerah Desa Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara pada Kamis pagi, 17 Mei 2018 sekitar pukul 10.00 WITA, petugas menyita barang bukti berupa karpet dan bendera hitam dengan tulisan Arab berwarna putih. 

“Selain itu di rumah kontrakannya tersebut AS tinggal bersama ibu dan temannya yang sudah dianggap oleh anak oleh ibu AS,” tuturnya. 

AS dibekuk tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror pada Rabu malam, 16 Mei 2018. Pemuda 22 tahun itu ditangkap di rumah kontrakannya yang berlokasi di RT 45, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas pada saat penangkapan antara lain berupa sepucuk pistol revolver, peluru, dan pisau.

Sebelumnya, dalam video yang berdurasi 2,5 menit tersebut tidak tampak wajah pelaku pembuat video (AS), hanya tampak tangan dan terdengar suaranya saja. Dari dalam video itu juga terlihat tangan sang pembuat video (AS) yang memegang pistol revolver berisikan 8 peluru, sebuah pisau dan buku. Video itu membuat heboh masyarakat Tarakan. TD

Baca Selengkapnya

Home Hard News Terorisme Pembuat Video Teror Tarakan Santri Penderita Tifus Pesantren Gresik 

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu