Provokator Penyebar Surat Hari Penghukuman Muslim Ditangkap

Estimasi Baca :

Ilustrasi Teroris. Ilustrasi: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi Teroris. Ilustrasi: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Seorang pria berusia 35 tahun di Inggris ditangkap pihak kepolisian atas surat yang mengandung Islamofobia. Surat yang disebutnya dengan "Hari Penghukuman Muslim" disebarkan kepada warga Muslim di seluruh Inggris pada awal tahun ini.

Surat tersebut menyatakan bahwa "Hari Penghukuman Muslim" jatuh pada tanggal 3 April 2018. Dalam surat itu diserukan untuk menyerang Muslim dalam bentuk pelecehan verbal, menghapus kerudung atau jilbab wanita, serangan fisik, atau menggunakan air keras pada mereka.

Surat tersebut dikirim ke berbagai alamat pada bulan Maret 2018, dan juga beredar di layanan pesan WhatsApp serta platform media sosial.

Pria asal Lincoln itu ditangkap karena dicurigai mengajak pembunuhan, menyebarkan pesan berbahaya dan surat ancaman, menurut pernyataan dari Kepolisian Lincolnshire.

Penangkapan itu dilakukn pihak kepolisian setelah melakukan pencarian di sebuah perumahan di Lincoln Selatan dan sebuah gedung kantor di pusat kota oleh petugas dari Counter Terrorism Policing North East.

"Pria berusia 35 tahun dari Lincoln ditangkap karena dicurigai memprovokasi pembunuhan, menyebar pesan berbahaya dan surat ancaman. Surat-surat itu menawarkan 'hadiah' yang mengerikan jika ada orang yang mau melakukan serangan terhadap Muslim, termasuk penyiksaan, membakar masjid dan menyiram air keras ke wajah orang," tulis pernyataan tersebut dilansir Anadolu.

"Surat-surat itu dikirimkan ke kotak surat di seluruh Inggris, termasuk West Yorkshire, South Yorkshire, Leicestershire, dan London."

Surat kebencian itu juga mendesak tindakan teroris untuk "menjagal seorang Muslim menggunakan senjata, pisau, kendaraan atau lainnya", dan "membakar atau mengebom masjid".

Sebuah kelompok yang melacak kejahatan anti-Muslim di Inggris, Tell MAMA, telah mengatakan bahwa mereka telah mengirim laporan dari warga Muslim di London, Midlands, dan Yorkshire yang telah melaporkan adanya surat 'Hari Penghukuman Muslim' tersebut.

"Ini telah menyebabkan cukup banyak ketakutan di dalam masyarakat," kata Iman Atta, Direktur Tell MAMA.

"Mereka bertanya apakah mereka aman, jika anak-anak mereka aman bermain di luar. Kami telah mengatakan kepada mereka untuk tetap tenang, dan menelepon polisi jika mereka menerima salah satu dari surat-surat ini."

Polisi kontra-terorisme Inggris telah menggelar penyelidikan atas sebaran surat kebencian ini sesaat setelah laporan diterima pada bulan Maret lalu.

Baca Selengkapnya

Home Hard News Terorisme Provokator Penyebar Surat Hari Penghukuman Muslim Ditangkap

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu