Petugas menemukan surat tertulis tangan di jenazah terduga teroris di Riau, Foto: Istimewa

Terduga Teroris Polda Riau Tinggalkan Surat, Kutip 2 Ayat Alquran

Estimasi Baca:
Kamis, 17 Mei 2018 14:45:51 WIB

Kriminologi.id - Kepolisian Daerah Riau membenarkan adanya temuan sepucuk surat dari salah satu jenazah terduga teroris yang menyerang Mapolda Riau, Kota Pekanbaru. Surat tersebut ditulis tangan dengan menggunakan secarik kertas warna putih. Wujud surat tersebut sempat viral di media sosial. 

"Betul, ada satu lembar surat, ditulis tangan," kata Kabid Humas Polda Riau AKB Sunarto, Rabu, 16 Mei 2018.

Dalam foto yang viral, terlihat surat berisi tulisan tangan itu difoto dari atas salah satu tubuh jenazah terduga teroris. Namun Sunarto enggan merinci isi surat tersebut.

Penelusuran Kriminologi.id, selain menemukan sepucuk surat, Sunarto mengatakan dari olah tempat kejadian perkara jajarannya juga menyita sejumlah barang bukti.

Surat tersebut terdiri dari empat alinea. Pada alinea pertama berisi tentang ajakan untuk berperang. Selain itu penulis surat itu juga menyebut kehidupan akhirat lebih mulia.

Sementara alinea kedua penulis mengutip surat At Taubah 38-39 dalam Alquran. Sementara dalam alinea ketiga dikutip surat An Naam ayat 12 di dalam Alquran.

Sementara pada alinea terakhir bahwa penulis surat itu mengisyaratkan bahwa mereka tidak senang diatur oleh orang-orang kafir.

Barang bukti tersebut diantaranya yakni rangkaian kabel dari tubuh salah satu pelaku teror yang mati ditembak polisi.

Sunarto menegaskan, temuan berupa rangkaian kabel itu bukan merupakan sebuah bom, hanya kamuflase sebagai aksi teror.

"Tidak ada rangkaian bahan peledak dari aksi teror tersebut," ujarnya.

Dalam aksi tersebut, Sunarto menambahkan, ada empat titik lokasi kejadian di halaman Mapolda Riau. Titik pertama di depan Direktorat Intel mengakibatkan satu orang tewas ditembak.

Di TKP ini, petugas menemukan satu sangkur bertuliskan Maryam, satu buah samurai, satu gulung bendera warna hitam, satu sebo loreng, celana, satu buah pisau lipat, satu pelindung lutut.

Satu sepatu warna hitam Caterpillar, kaos kaki loreng. Di TKP kedua yakni di depan pintu gedung utama, petugas menemukan satu samurai, sepatu, kaos kaki warna loreng.

Di TKP ketiga di depan penjagaan Shabara, petugas menemukan satu badik kecil, satu samurai, sepatu hitam, sebo warna loreng, ikat kepala warna hitam. 

Sementara di TKP keempat di luar pagar bagian jalur keluar Mapolda Riau, sepasang sepatu, satu samurai, sebo warna loreng, ikat kepala warna hitam dan mobil avanza BM 1192 RQ ditemukan petugas. 

Sunarto menjelaskan, dari dalam mobil tersebut juga ditemukan jaket warna biru dongker, kabel warna merah, sebo warna hitam, dompet loreng berisi uang Rp170 ribu. Selain itu, petugas juga menemukan STNK mobil atas nama Darul Mukni dengan nomor polisi BM 1192 RQ. AS

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500