Penggerebekan terduga teroris di Perumahan Duta Bintaro Tangerang (16/5/2018). Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Tiga Terduga Teroris Kunciran Kumpul Seminggu Sekali di Rumah Choir

Estimasi Baca:
Kamis, 17 Mei 2018 18:40:32 WIB

Kriminologi.id - Tiga terduga teroris yang ditangkap di kawasan Kunciran, Kota Tangerang, Muhammad Choir, Ghofar, dan Anto diduga saling memiliki keterkaitan. Sebab, selain tergabung dalam satu jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah atau JAD, ketiganya juga diketahui kerap bertemu di rumah Choir.

Diketahuinya ketiganya itu kerap bertemu setelah Kriminolog.id berbincang dengan Vera yang merupakan tetangga terdekat Choir. Menurutnya, setiap akhir pekan terdapat sosok pria yang mendatangi kios milik Choir.

Sayangnya, Vera tidak dapat memastikan sosok pria itu adalah Anto. Dirinya hanya mendengar saat Choir memanggil pria itu dengan sebutan "To". 

Meski belum bisa memastikan, Vera menyebut sosok pria itu memiliki ciri-ciri rambut ikal, tinggi sekitar 165 sentimeter, berjenggot tipis, dan berkulit agal putih. 

"Dia (Choir) kalo manggil orang itu sih saya dengarnya 'To sini masuk To'. Nah saya fikir itu si Anto yang ditangkap juga," kata Vera.

Namun, Vera mengatakan bahwa dirinya tak tahu apa yang mereka lakukan di dalam kios itu. Sebab, dirinya tak ingin mengganggu kegiatan orang lain.

Selain itu, dugaan sosok pria itu adalah Anto semakin diperkuat lantaran pada saat penangkapan terhadap Choir, kalimat pertama yang diucapkan polisi dan terdengar oleh beberapa orang warga sekitar yaitu mempertanyakan keberadaan busur.

"Saya dengar kalo polisi tuh teriak mana busur, mana busur kamu. Kalo pak Choir cuma bilang ampun-ampun aja," kata Vera.

Sedangkan, saat polisi membekuk dan menggeledah kediaman Anto yang berada di Jalan Delima RT 02/05, Kunciran Indah, Pinang, Kota Tangerang, busur dan gambar taget tembak justru ditemukan di kamar Anto.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait hubungan antar ketiganya.

Diberitakan sebelumnya, Densus 88 Anti Teror menggerebek dua rumah yang diduga merupakan tempat tinggal kelompok terduga teroris di Kota Tangerang, Banten. Kedua rumah yang digerebek berada di dua kawasan berbeda yakni perumahan Kunciran dan Kunciran Mas, Tangerang. 

Dari empat orang terduga teroris tiga orang di antaranya adalah laki-laki dan seorang perempuan. Seorang terduga teroris yang ditangkap di Jalan Delima, RT 02 RW15, Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. 

Sedangkan, tiga orang lainnya ditangkap di Jalan Gempol Raya, RT 04 RW02, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. AS

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500