ilustrasi permainan mematikan. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

2 Remaja Bunuh Diri Gara-Gara 'Momo Challenge' di WhatsApp

Estimasi Baca:
Selasa, 4 Sep 2018 16:00:20 WIB

Kriminologi.id - Seorang remaja perempuan berusia 12 tahun dan seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun tewas bunuh diri karena tantangan Momo Challenge pada akhir Agustus kemarin. Meninggal dunianya dua remaja terjadi di kotamadya Barbosa, di bagian barat laut wilayah Kolombia Santander.

Momo Challenge merupakan permainan yang sedang populer di kalangan anak-anak termasuk di Indonesia.

Media lokal, termasuk Radio RCN melaporkan, remaja laki-laki itu mungkin mengetahui gadis yang lebih muda dan menyerahkan permainan kepadanya, sebelum bunuh diri. Hanya 48 jam kemudian, gadis 12 tahun itu ditemukan gantung diri.

Polisi menyita ponsel keduanya. Dalam ponsel tersebut, polisi menemukan pesan yang menghubungkan keduanya dengan permainan bunuh diri Momo.

"Rupanya, mereka berlatih permainan ini melalui WhatsApp dan itu mengundang orang-orang muda untuk melukai diri mereka sendiri. Permainan ini memiliki tantangan yang berbeda dan bunuh diri ada di ujung," kata sekretaris pemerintah Janier Landono, seperti dikutip foxnews.com, Selasa, 4 September 2018.

Kematian yang dilaporkan pertama adalah dikaitkan dengan permainan di Kolombia, yang diduga berasal dari halaman grup Facebook. Sementara polisi di Argentina sedang menyelidiki apakah "Momo" terkait dengan bunuh diri seorang gadis 12 tahun di distrik Escobar, yang terjadi bulan lalu.

WhatsApp tidak segera menanggapi ketika dimintai komentar Fox News.

Momo Challenge atau game bunuh diri keji menyita perhatian setelah mulai menyebar di WhatsApp, mendorong peringatan polisi. Jika pemain gagal menyelesaikan tantangan dalam permainan, mereka menerima pesan ancaman dari avatar yang dijuluki Momo, seorang wanita mirip burung dengan mata menonjol keluar dari kepalanya, yang mengatakan pengguna akan dikutuk dengan "mantra jahat."

Ada juga boneka Momo yang dibuat seniman boneka Jepang Midori Hayashi, meskipun Hayashi tidak ada hubungannya dengan video game vulgar.

Momo adalah tantangan viral yang meminta orang untuk menambahkan kontak melalui WhatsApp. Pengguna kemudian didesak untuk melakukan tindakan menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

"Permainan" ini telah memicu perbandingan dengan tantangan "Paus Biru" yang menyeramkan, yang menyebabkan laporan bunuh diri di Rusia dan AS, serta karakter fiksi online "Manusia Langsing." Pada 2014, dua gadis 12 tahun di Wisconsin berusaha membunuh teman sekelas hanya karena ingin menyenangkan karakter horor.

Pada bulan lalu, game Momo masuk ke dalam gim video populer "Minecraft", yang mendorong Microsoft untuk membatasinya.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500