Penangkapan Pembobol Bagasi Penumpang di Bandara Depati Amir. Foto: Ist/Kriminologi.id

3 Karyawan Terlibat Pencurian Bagasi di Bandara Depati Amir

Estimasi Baca:
Selasa, 4 Sep 2018 23:30:46 WIB

Kriminologi.id - Polisi mengamankan tiga orang karyawan PT JKS atas tuduhan pencurian dan pembobolan bagasi penumpang pesawat Lion Air. PT JKS adalah operator ground handling bagasi penumpang di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Ketiga karyawan PT JKS itu diamankan di tempatnya bekerja setelah ditemukan barang bukti barang milik penumpang yang dilaporkan hilang.

Kronologi pengungkapan kasus itu bermula ketika pada Minggu, 2 September 2018, seorang penumpang Lion Air merasa kehilangan perlengkapan rokok elektronik (vape) miliknya yang berada di dalam tas terkunci yang ditaruh di bagasi pesawat.

Penumpang itu melaporkan kehilangan yang dialaminya kepada Lion Air, yang kemudian oleh Lion Air diteruskan kepada protokol Bandara dan Pospol Bandara serta Avsec Bandara Depati Amir.

Atas laporan tersebut, petugas kepolisian lalu memeriksa sejumlah saksi yang kemudian mengarah pada tiga orang tersangka.

Tersangka kemudian digiring petugas kepolisian dan Avsec Bandara dan Lion Air ke rumah kost tempat tinggalnya untuk melakukan penggeledahan.

Dari penggeledahan itu ternyata ditemukan barang bukti pencurian yang dilakukan tersangka.

Selain itu ditemukan juga sebuah kotak yang disembunyikan di semak-semak belakang kost yang berisi barang-barang yang diduga milik penumpang yang selama ini dilaporkan hilang.

Setelah dilakukan pencocokan dengan Berita Acara kehilangan ternyata beberapa barang-barang tersebut memiliki kecocokan dengan barang elektronik penumpang di Bandara Depati Amir yang pernah dilaporkan hilang seperti ponsel, jam tangan, hingga dompet.

Atas penemuan barang bukti itu, ketiga orang itu ditetapkan menjadi tersangka kasus pencurian dan ditahan di Mapolsek Pangkalan Baru untuk menjalani pemeriksaan.
 

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500