Suharto alias Alex korban tewas yang ditemukan di Sumedang. Foto: Ist/Kriminologi.id

Alex Sempat Traktir Makan Siang 3 Pelaku Sebelum Dibunuh

Estimasi Baca:
Kamis, 9 Ags 2018 15:50:05 WIB

Kriminologi.id - Sebelum ditemukan tewas di semak-semak di lahan Perhutani Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, sopir taksi online Soeharto alias Alex sempat mentraktir makan siang ketiga pelaku pembunuhan. Alex mentraktir ketiga pelaku tersebut di sebuah rumah makan di kawasan Subang.

Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo, mengatakan tiga pelaku pembunuhan sopir Grab Car masing-masing berinisial R, L, dan T.

“Jadi ada pengakuan tersangka R, bahwa Alex ini sempat mentraktir semua pelaku makan siang,” kata Kapolres AKBP Hartoyo, di Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Meski telah bersikap baik, kata Hartoyo, tak menyurutkan niat jahat para pelaku untuk membunuh Alex. Ketiganya pun akhirnya menghabisi nyawa pelaku menggunakan tangan kosong.

Menurut pengakuan pelaku R, Hartoyo mengatakan, ketiga pelaku menghabisi nyawa korban di tepi jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Tepatnya di kilometer 114 daerah Cikedung, Indramayu, Jawa Barat. Kepada polisi, R mengaku menyesal turut menyiksa korban hingga tewas.

“Dia (pelaku R) teringat kebaikan hati Alex yang mentraktirnya makan di sebuah rumah makan di Subang. Pas makan siang itu, R menemani korban makan," ujarnya.

Usai pembunuhan tersebut, pihak kepolisian yang melakukan penyelidikan akhirnya menangkap dua pelaku yakni R dan L. Sementara pelaku T yang juga sebagai otak pembunuhan Alex masih buron. Hartoyo meyakini pelaku T masih berada di sekitar Jawa Barat. 

“Kami menduga masih di Jabar, ada beberapa daerah yang saat ini dikunjungi T dalam pelarian seperti Indramayu dan Cirfebon," ujarnya.

“Doakan saja segera kita tangkap. Tim sudah menelusuri, dan kini kita sebar tim Satreskrim ke beberapa titik daerah yang menjadi tempat tujuan T.”

Suharto alias Alex ditemukan tewas di lahan Perhutani, Jalan Buahdua Sanca Blok Perhutani, Blok Cinambo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 1 Juli 2018.

Saat ditemukan, korban mengenakan kaos berwarna putih hitam bertuliskan Senior High School Bani Taowa Bekasi. Korban mengenakan bawahan celana jeans hitam. 

Menurut keterangan dari para saksi, Alex bukanlah mitra dari taksi daring Grab Car. Korban meminjam akun rekannya untuk menjalankan usaha Grab Car. Selain meminjam akun temannya, Alex juga meminjam mobil tersebut dari tetangganya. TD

Reporter: Arief Pratama
Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500