AMSI: RKUHP Berpotensi Lumpuhkan Undang-Undang Pers

Estimasi Baca :

Ketua Aliansi Media Siber Indonesia atau AMSI Wenseslaus Manggut, Foto: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ketua Aliansi Media Siber Indonesia atau AMSI Wenseslaus Manggut, Foto: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Ketua Aliansi Media Siber Indonesia atau AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, rumusan pasal dalam Rancangan Kitab Undang-Undang (RKUHP) membuat Undang-undang Pers menjadi lumpuh. Pemerintah dan DPR disebutnya tak bisa membedakan antara produk jurnalistik dan konten dari perusahaan teknologi.

"RKUHP itu mencampur-baurkan antara konten atau informasi yang diproduksi oleh media dan informasi yang diproduksi oleh perusahaan teknologi, seperti di Facebook dan di mana-mana. Jadi RUU itu menyamakan itu gitu lho," ujar Wens kepada wartawan di Kantor LBH Pers, Jalan Kalibata Timur IV G No.10, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Februari 2018.

Baca: Belasan Pasal Dalam RKUHP Ancam Kebebasan Pers

Wens menambahkan, konten yang diproduksi di perusahaan media dengan konten yang dibuat oleh perusahaan teknologi itu berbeda rujukannya. Sebab, kata Wens, konten yang diproduksi oleh perusahaan media merujuk pada UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, Media Siber, serta MoU dengan Polri.

"Itu rujukannya, jalannya. Nah, sedangkan produk informasi oleh atau lewat media sosial caranya bagaimana. Selama ini kan, mereka menggunakan UU ITE," kata Pemimpin Redaksi Merdeka.com itu.

Menurut Wens, produk jurnalistik di Indonesia diatur dalam UU Pers. Termasuk ketika sebuah berita dinilai melanggar, maka sengketa akan diselesaikan di Dewan Pers. Wens mengatakan dalam penerapannya, UU Pers sudah mengakomodasi kepentingan publik, termasuk melindungi privasi seseorang.

"Dia berhak mengadu ke dewan pers, kalau persnya salah, persnya harus minta maaf dan harus ralat, jadi publik yang dilindungi di situ," kata pria asal Manggarai, Flores ini.

Baca: Azyumardi Azra: Hoaks Hancurkan Peradaban

Selain itu, menurut Wens, UU Pers juga melindungi media dan wartawan. "Kalau dia keliru menulis sesuatu, UU ini memberi jalan yaitu harus ralat, media itu keliru menurut UU ini. Dan selama ini, hal itu berjalan dengan baik,  banyak pengaduan ke dewan pers, yang selesai di dewan pers juga," pungkasnya. MG

Baca Selengkapnya

Home Hard News Umum AMSI: RKUHP Berpotensi Lumpuhkan Undang-Undang Pers

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu