Ilustrasi pelaku curanmor. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Antar Mertua Berobat, Menantu Kena Tipu Pria Paruh Baya Pakai Gendam

Estimasi Baca:
Jumat, 14 Sep 2018 16:30:25 WIB

Kriminologi.id - Lamuri, pria paruh baya berusia 55 tahun harus berurusan dengan polisi. Sebab, dia melakukan penipuan dengan melarikan sepeda motor milik warga Kabupaten Magetan, Jawa Timur, bernama Suyatno saat tengah mengantarkan mertua berobat ke rumah sakit.

“Tersangka ditangkap jajaran unit Reskrim Polsek Ponorogo berdasarkan laporan korban (Suyatno)” kata Kasubbag Humas Polres Ponorogo, Ipda Teguh Satriyo, di Ponorogo, Jawa Timur. 

Teguh mengatakan, modus pelaku melakukan aksi kejahatannya yakni penipuan dengan cara gendam atau guna-guna. Bermula ketika pelaku mengajak berkenalan dengan korban saat tengah menunggu mertua diperiksa dokter RSUD dr. Harjono.

"Awalnya, pelaku mengajak berkenalan dengan korban yang waktu itu sedang menunggu mertuanya menjalani perawatan," katanya.

Dari situ kemudian pelaku menawarkan kepada korban menyanggupi dapat menyembuhkan penyaki yang diderita mertua korban. Namun, pelaku mengatakan ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi untuk melakukan ritual penyembuhan.

“Korban lalu pulang ke Magetan untuk mengambil sejumlah persyaratan guna penyembuhan mertua seperti permintaan pelaku,” ujarnya.

Di saat korban pulang, tersangka meminjam sepeda motor milik korban dengan alasan untuk menjemput istrinya di Ngebel, Ponorogo. Sekaligus untuk mengambil peralatan yang akan digunakan untuk melakukan ritual.

"Tanpa sadar, korban menurut saja dan menyerahkan kunci kepada pelaku. Karena hingga keesokan harinya pelaku tidak kunjung datang, maka korban berusaha menghubungi pelaku. Namun telepon genggam pelaku sudah tidak bisa dihubungi," ucapnya.

Menyadari telah menjadi korban penipuan, korban melaporkan kepada polisi. Selanjutnya polisi melakukan penyelidikan dan pencarian yang akhirnya berhasil menangkap korban di Nganjuk, Jawa Timur.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Nula
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500