Posko keamanan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Antisipasi Penjahat, Ini Terobosan Baru Petugas Terminal Kalideres

Estimasi Baca:
Selasa, 12 Jun 2018 16:55:08 WIB

Kriminologi.id - Aksi copet dan pencurian dengan cara hipnotis dan obat bius hingga saat ini masih menjadi kekhawatiran para pemudik. Terutama bagi pemudik yang menggunakan angkutan umum di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Pihak keamanan membuat terobosan baru dengan teriakan waspada dari kejahatan menggunakan pengeras suara. Teriakan itu untuk mengusir penjahat di terminal yang memanfaatkan suasana mudik lebaran. 

Beberapa pihak keamanan, seperti kepolisian, TNI, hingga Pemerintah Kota berkerja sama mendirikan tiga posko pelayanan keamanan di kawasan ini.

Posko Keamanan terminal kalideres
Posko keamanan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Posko keamanan yang berada di beberapa sudut terminal itu beroprasi selama dua puluh empat jam untuk mencegah terjadinya kejahatan.

Tiga posko keamanan itu berada di sudut kiri dan kanan terminal, serta tepat berada di bagian tengah terminal.

Menurut Agus, anggota Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kepolisian Sektor Kalideres, Jakarta Barat pengamanan dilakukan dengan cara melakukan patroli rutin selama satu jam sekali.

"Kami ada beberapa kelompok. Satu kelompok ada yang berjaga di pos bersama pihak kepolisian dan kelompok lainnya itu patroli," ucap Agus saat berbincang dengan Kriminologi.id di Terminal Kalideres, Selasa 12 Juni 2018.

Posko Keamanan terminal kalideres
Posko keamanan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Selain mendapat pengawalan langsung petugas, kata Agus, pemudik juga diingatkan melalui pengeras suara agar tetap waspada dari tindak kejahatan.

Beberapa cara tersebut yang akan terus dilakukan untuk memastikan tidak terjadinya tindak kejahatan di terminal Kalideres.

"Ada berbagai cara yang kita lakukan untuk menjaga keamanan ya. Kami juga selalu mensosialisasikan dan menghimbau kepada pemudik untuk selalu waspada," kata Agus.

Saat disinggung jumlah aksi kejahatan yang sudah terjadi di terminal ini, Agus mengatakan belum ada pemudik yang membuat laporan sejauh ini. Selain itu, saat ini kondisi terminal juga terhitung masih kondusif.

"Belum ada laporan, saat ini masih kondusif," ujar Agus. MG/

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500