Warga Jepang melintas di sebuah jalan saat badai, Foto: Anadolu Agency

Badai Topan Terjang Jepang Tewaskan 6 Orang, Bandara Lumpuh Total

Estimasi Baca:
Rabu, 5 Sep 2018 15:00:54 WIB

Kriminologi.id - Badai topan menerjang Yokushima, Jepang, pada Selasa, 4 September 2018 menewaskan 6 orang dan 160 warga lainnya luka-luka.  

Bencana alam berupa angin topan ini paling kuat sepanjang 25 tahun yang pernah terjadi di Jepang. Jebi, badai topan yang melumpuhkan seluruh kota Yokushima. 

Dikabarkan, kecepatan Topan Jebi mencapai di atas 200 kilometer per jam.

Badai tersebut menyebabkan landas pacu dan terminal bandara tergenang banjir. Sebanyak 3.000 penumpang tertahan di bandara.

Ratusan jadwal penerbangan dan kereta api dibatalkan akibat hujan lebat disertai dengan tiupan angin kecang di sepanjang wilayah Tokushima di Pulau Shikoku. 

Bencana ini memaksa ratusan warga mengungsi ke wilayah aman.

 

https://cdn.kriminologi.id/news_picture_thumb/topan-jebi-terjang-jepang-pada-1536132295.jpg

Beberapa pejabat setempat menuturkan bahwa banyak mobil terbalik di sejumlah jalan raya akibat terseret topan dahsyat itu.

Selain itu, sejumlah warga terluka akibat terkena runtuhan langit-langit yang terbuat dari kaca di Stasiun Kyoto. Bahkan, sekitar 1.600.000 rumah di Osaka tidak mendapatkan aliran listrik.

Perdana Menteri Shinzo Abe dikabarkan telah menunda kunjungannya ke wilayah barat daya negara itu.

Dalam pertemuan dengan pejabat pusat penanggulangan bencana, Abe mengingatkan masyarakat agar ikut mencegah timbulnya bahaya. 

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500