ilustrasi begal motor dengan menggunakan golok, Ilustrasi: Pixabay

Begal Sadis di Cirebon Buang Kunci Kontak Motor Korban Saat Terjepit

Estimasi Baca:
Jumat, 13 Jul 2018 16:50:41 WIB

Kriminologi.id - HS (23) alias Udin, pelaku begal sadis yang menggunakan golok di setiap aksinya diamankan tim spesial respons (RST) Polres Cirebon Kota. HS dikenal sadis saat merampas motor korbannya dengan cara dipepet dan mengancam menggunakan golok.

Udin selalu membuang kunci kontak motor korbannya jika situasi terjepit sebelum melarikan diri. 

Aksi terakhir HS dan rekannya itu dilakukan saat membegal motor Heri yang saat itu bersama Aris Pratama, yang diancam golok.

Lantaran tak berdaya, Aris menyerahkan sepeda motor serta dompet berisi uang tunai kepada warga Blok Kanci Kulon, RT/RW 03, Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon itu.

"Korban saat itu bersama rekannya bernama Aris Pratama dipepet oleh dua orang yang berboncengan dengan satu motor. Kedua orang tersebut lalu memepet motor Heri selaku korban," jelas kata Kasatreskrim Polres Cirebon Kota Ajun Komisaris (Pol) Rynaldi Nurwan, Jumat, 13 Juli 2018.

Rynaldi melanjutkan, korban Heri kemudian diancam oleh kedua pelaku dengan menggunakan golok. Ia dimintai untuk mengeluarkan telepon selular dan dompetnya. Takut dengan ancaman itu, korban lalu menyerahkan HP dan dompet berisi uang tunai Rp 700.000.

"Barang milik korban berupa 1 unit Hp jenis Xiaomi Redmi 5A warna gold dan 1 buah dompet yang di dalamnya berisikan uang senilai Rp700.000. Usai merampas pelaku langsung kabur," kata Rynaldi.

Saat kabur itu, pelaku sempat mengambil kunci motor milik korban tujuannya agar korban tidak bisa mengejar pelaku. Usai mengalami peristiwa pembegalan oleh kedua orang pelaku, kata Rynaldi, kemudian korban melapor ke polisi pada Jumat diri hari, 6 Juli 2018. 

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy melalui Kasatreskrim AKP Rynaldi Nurwan menjelaskan bahwa korban Heri dibegal pukul 01.30 WIB,  di jalan Pagongan Kota Cirebon.

Hasil dari penyelidikan terhadap korban, petugas berhasil mengamankan pelaku begal atas nama HS. Namun, satu rekannya berhasil kabur. 

"HS berhasil kita amankan, sedangkan rekannya bernama Bowo warga Pesisir Kota Cirebon kabur saat dicari di kediamannya," kata Rynaldi.

Ia mengatakan, pelaku HS ini merupakan target begal sadis yang berhasil ditangkap oleh pihaknya. Sebab, dalam setiap menjalankan aksinya, pelaku tidak segan-segan melukai korban dengan menggunakan golok yang dibawanya.

"Pelaku dikenal begal sadis saat beraksi, dan berhasil kita amankan," paparnya.

Untuk mempertanggungjawankan perbuatannya, pelaku HS dijerat dengan Pasal 365 dan 363 KUHP. Ancaman hukuman terhadapnya yakni 9 tahun penjara. YH/

 MSA
KOMENTAR
500/500