Dok. Pencak Silat, Foto: kemenpora.go.id

Berpotensi Gesekan, Polda Jatim Larang Suran Agung Pencak Silat

Estimasi Baca:
Sabtu, 11 Ags 2018 07:05:00 WIB

Kriminologi.id - Kapolda Jawa Timiur Irjen Machfud Arifin mengimbau kegiatan suro dan suran agung yang dilakukan perguruan pencak silat di Madiun tahun ini ditiadakan. Kalau pun ada, pelaksanaannya ditunda tahun depan setelah kegiatan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Arifin mengatakan, imbauan tersebut sebagai upaya mengantisipasi potensi gesekan. Kalau pun ada, kapolda meminta kegiatan suro dan suran agung dilakukan dengan tertib. Menurut Arifin, meski sifatnya imbauan, diharapkan para perguruan pencak silat dapat mengindahkan

“Kan ini tahun politik pernah terjadi beberapa tahun lalu tidak ada kegiatan suro dan suran agung walaupun itu tradisi. Kalau bisa ya ditunda tahun depan. Ini sifatnya masih imbauan karena kan memang tahun politik rawan gesekan. Apalagi tahapan Pileg ini kan sudah mulai. Jadi kami hanya mengimbau, kalau tetap dilaksanakan ya silakan, yang penting tertib saja. Jangan ada gesekan yang membuat panas situasi. Ini harus kita jaga. Jatim relatif aman dan Jatim relatif kondusif,” ungkap Arifin di Surabaya, Jumat, 10 Agustus 2018. 

Ketua Umum Persaudaran Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun, R Moerdjoko mengatakan, kegiatan suro maupun suran agung tetap digelar karena merupakan ritual yang menjadi tradisi tahunan. Kegiatan tersebut tahun ini tetap dilaksanakan, walaupun dengan skala kecil atau tidak melibatkan massa (pesilat) dalam jumlah banyak.

“Kami mengajak pada perguruan pencak silat yang ada di Madiun ini, meskipun mengadakan kegiatan namun dalam skala kecil. Jadi dari daerah lain harapannya tidak masuk ke Kota Madiun, dan kita harapkan juga daerah lain mengadakan ritual sendiri-sendiri, sehingga situasi kamtibmas di Madiun tetap kondusif. Kita ketahui bahwa tahun ini hingga tahun 2019 merupakan tahun politik. Jadi kalau dibuat dengan skala besar rawan dibenturkan dengan saudara-saudara kita sendiri,” kata Moerdjoko.

Ia menambahkan, pihaknya juga berkomitmen mendukung pelaksanaan tahapan Pileg dan Pilpres untuk mewujudkan pemilu 2019 yang aman, damai dan bermartabat.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500