Dok. Richard Liu. Foto: Ist/Kriminologi.id

Bos JD.com Ditangkap Atas Dugaan Pelecehan, Polisi: Tunggu Aduan Resmi

Estimasi Baca:
Senin, 3 Sep 2018 12:32:03 WIB

Kriminologi.id - Salah satu pendiri JD.com, Liu Qiangdong diduga tersangkut kasus pelecehan seksual. Pria yang akrab disapa Richard Liu itu sempat ditangkap di negara bagian Amerika Serikat (AS), Minnesota, sebelum akhirnya dilepaskan pada Sabtu, 1 Sepetember 2018 sore. 

"Orang itu ditangkap Jumat malam (31/8/2018). Lalu dibebaskan Sabtu sore (1/9/2018). Dia (Liu) dibebaskan sambil menunggu pengaduan resmi," kata Petugas Informasi Publik Kepolisian Minneapolis, John Elder pada Senin, 3 September 2018.

Meski telah dilepaskan, pihak kepolisian bakal tetap menyelidiki kasus yang diduga pelecehan seksual tersebut. Meski begitu, kepolisian Minneapolis enggan membeberkan secara rinci tuduhan yang dialamatkan kepada Liu.

Menanggapi hal itu, pihak perusahaan JD.com melalui media sosial Cina, Weibo, menyatakan Liu datang ke Amerika Serikat untuk keperluan bisnis. Selama ditahan, Liu ditanya polisi setempat sehubungan dengan tuduhan pelecehan seksual yang dialamatkan kepadanya. Namun, tuduhan itu diklaim tidak terbukti kebenarannya.

"Polisi setempat dengan cepat memutuskan tidak ada bukti atas kejahatan tersebut, dan Liu melanjutkan perjalanannya bisnis seperti yang telah direncanakan," demikian pernyataan perusahaan.

Seperti diketahui JD.com adalah salah satu perusahaan teknologi besar di Cina. Mereka bersaing dengan pemain besar seperti Alibaba Group. Menurut Majalah Forbes, Liu (45) memiliki kekayaan bersih senilai US$7,9 miliar atau setara Rp 116 triliun.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: BBC
KOMENTAR
500/500