Korban tewas bus jatuh ke jurang di Sukabumi. Foto: FB Adhitiya Ramadhani

Bus Masuk Jurang di Sukabumi, KNKT Gali Sebab Banyaknya Korban Tewas

Estimasi Baca:
Minggu, 9 Sep 2018 14:10:14 WIB

Kriminologi.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi mengumpulkan data terkait penyebab banyaknya korban tewas dalam kecelakaan bus wisata karyawan dealer yang masuk jurang di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 8 September 2018. KNKT menggali data geometrik jalan, lalu kelas jalan dan kondisi kendaraan serta sopir.

Ketua KNKT Suryanto Cahyono mengatakan, pihaknya tengah mengumpulkan data faktor-faktor yang dominan menyebabkan kecelakaan itu.

"Kecelakaan itu biasanya kombinasi dari beberapa faktor nanti kita lihat bahwa faktor-faktor apa yang dominan menyebabkan kecelakaan itu, terus nanti kita akan berikan rekomendasi, termasuk yang paling penting di dalam kecelakaan ini kenapa bisa timbul korban begitu banyak," kata Cahyono, Minggu, 9 September 2018, ketika berdialog dengan Pro 3 RRI.

Suryanto juga menyampaikan, pihaknya sudah menyarankan untuk pengujian bus di lokasi kejadian.

"Kalau dia kebalik atapnya itu tidak gepeng lah, jadi orang yang di dalam itu tidak tergencet," katanya. 

Selain itu pihaknya juga akan menyelidiki pemakaian sabuk pengaman di bus tersebut. 

"Nah nanti kita juga akan melihat apakah mereka pakai sabuk pengaman kalau pakai kira-kira orangnya akan lebih terselamatkan atau tidak, karena ada beberapa kecelakaan orangnya terlempar keluar," kata dia. 

Menurut Suryanto KNKT sudah merekomendasikan untuk memakai sabuk pengaman di setiap kursi penumpang. Disebutkannya juga KNKT bekerjasama juga dengan semua pihak yang terkait baik dengan kepolisian maupun dengan dinas perhubungan setempat.

Diberitakan sebelumnya, jumlah korban tewas kecelakaan mabus pariwisata di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat terus bertambah. Menurut catatan kepolisian, korban tewas akibat terperosoknya bus ke dalam jurang sedalam 25 meter itu mencapai 21 orang.

Rombongan bus yang mengangkut puluhan karyawan dealer motor Honda PT Catur Putra Group Bogor berencana akan berwisata ke lokasi arung jeram di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan empat minibus. 

Namun, bus yang paling belakang dengan nopol B 7025 SAG dan mengangkut 31 orang dan 2 awak bus terperosok ke dalam jurang sedalam 25 meter.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500