Kecelakaan bus karyawan dealer PT Catur Putra Group Bogor. Foto: Facebook Fatah

Bus Maut di Sukabumi Diduga Kelebihan Muatan tapi Dipaksa Jalan

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 17:25:35 WIB

Kriminologi.id - Polisi masih menyelidiki kecelakaan bus pariwisata yang menewaskan 21 orang di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Kuat dugaan bus tersebut kelebihan muatan namun tetap dipaksakan jalan.

"Bus tersebut saat kecelakaan dalam keadaan overkapasitas," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Senin, 10 September 2018.

Agung membenarkan bus nahas tersebut adalah bus pariwisata. Sebelumnya terungkap bahwa KIR bus yang dioperasika Jakarta Wisata Transport tersebut telah kedaluwarsa.

"Jadi bus ini bukan trayek jalur tersebut, bus carteran atau sewaan," kata Agung.

Agung mengatakan, jalur Cikidang yang dilalui bus nahas tersebut memang dikenal rawan. Melewati jalur tersebut membutuhkan keahlian pengemudi yang handal.

"‎Sebetulnya Pelabuhan Ratu memang jalurnya curam, tanjakan curam, turunan curam. Nanti saya sudah ke dinas perhubungan supaya nanti, minimal menambahkan jumlah rambu-rambu yang memang itu bahaya yang itu diberikan tanda rawan kecelakaan," kata Agung.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan bus pariwisata yang terperosok ke jurang pada Sabtu, 8 September 2018  tersebut menewaskan 21 orang penumpangnya.

Bus tersebut mengangkut puluhan karyawan dealer motor Honda PT Catur Putra Group Bogor. Mereka berencana akan berwisata ke lokasi arung jeram di Kecamatan Cikidang.

Reporter: Arief Pratama
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500