Kecelakaan bus karyawan dealer PT Catur Putra Group Bogor. Foto: Facebook Heroe

Bus Maut Sukabumi Tewaskan 21 Penumpang Ternyata Pengemudinya Kernet

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 11:55:41 WIB

Kriminologi.id - Bus maut yang terjun ke jurang menewaskan 21 penumpang ternyata bukan dikemudikan sopir. Bus Pariwisata yang membawa rombongan karyawan dealer motor itu dikemudikan kernet bernama Muhamad Adam. 

Adam ditemukan terluka di dekat sungai Cicatih, Desa Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sedangkan Jahidi, sopir bus tersebut tewas.
 
Adam ini mengemudikan bus dari simpang Elang atau jalan masuk dari jalur utama Sukabumi-Bogor menuju Cikidang menggantikan Jahidi.

Adam mengemudikan bus dari simpang Elang dan mengalami kecelakaan di turunan Letter S, Kampung Bantarselang, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan kecelakaan itu terjadi di turunan letter S. Kepada petugas, Adam menuturkan bus yang dikemudikannya itu mengalami rem blong. 

Kemudian dirinya berupaya melakukan pengereman secara paksa dengan memindahkan perseneling atau gigi enam ke satu. 
  
"(Adam) berusaha menghentikan rem secara paksa, menarik rem dan pindah gigi dari 6 ke 1. (Adam) sudah tahu mobil itu sudah tidak bisa dikontrol," ujar AKBP Nasriadi seperti dilansir Sukabumiupdate.com. 

Nasriadi menambahkan kalau Adam sebenarnya berencana meminggirkan busnya ke pinggir jalan. Akan tetapi, Adam mengurungkan niatnya karena terdapat pengendara sepeda motor yang melintas di pinggir jalan tersebut. 

"Ketika hendak menepi ke pinggir ada motor, sehingga dia tidak mau motor itu kecelakaan. Sehingga korban dengan kendaraannya masuk ke jurang," ujar Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, Minggu, 9 September 2018.

Nasriadi mengungkapkan, keberadaan Adam ini sempat terekam kamera video dan viral di media sosial. Dalam video tersebut Adam menolak untuk ditolong warga.

Secara diam-diam korban tersebut menghilang. Dugaan sementara Adam ini bermaksud kabur.

"Ada masyarakat yang ingin membantu tapi dia tidak mau dibantu. Secara pelan-pelan dia menghilangkan diri. Berarti ada indikasi dia menghilangkan jejak," ujarnya.

Meski telah mendapat keterangan dari Adam, polisi tetap menyelidiki penyebab kecelakaan maut bus pariwisata yang terjun ke jurang se dalam 25 meter tersebut.

"Penyebab rem blong atau human error dan sebagainya nanti kita tunggu dari hasil olah TKP dan hasil analisa dari tim Traffic Accident Analysis (TAA)," jelasnya.

Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500