Ilustrasi tawuran/Kriminologi.id

Cara Lurah Menteng Cegah Tawuran Warga, Pasang 7 CCTV

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 06:30:38 WIB

Kriminologi.id - Lurah Menteng Agus Sulaeman memasang tujuh kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) di wilayah Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Pemasangan kamera pengawas ini dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi tawuran antarwarga.

"Pemasangan CCTV untuk antisipasi aksi tawuran antarwarga," kata Lurah Agus didampingi Sekretaris Lurah Menteng, Dedy Tjahyadi, Kamis, 6 September 2018.

Agus melanjutkan, tujuh CCTV tersebut dipasang melalui dana corporate social responsibility (CSR) Bali Tower. Dari tujuh titik pemasangan CCTV, empat di antaranya dipasang di kawasan Pasar Rumput, dan sisanya di Jalan Menteng Tenggulan atas usulan warga.

"Pemasangan CCTV merupakan usulan dari warga. Pihak kelurahan bersurat ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi DKI Jakarta dan dikerjakan oleh CSR Bali Tower," kata Agus.

Nantinya, kata Agus, koneksi CCTV diharapkan dapat terhubung dengan pos polisi Menteng Tenggulun sehingga dapat memantau langsung kejadian aksi tawuran.

"Kami berharap pemasangan CCTV dapat menjaring para pelaku yang terlibat aksi tawuran," kata Agus menambahkan.

Selain pemasangan CCTV, Kelurahan Menteng juga melakukan antisipasi untuk mencegah tawuran dengan mempercantik Jembatan Pasar Rumput dan tembok Kali Ciliwung Banjir Kanal Barat (BKB). Caranya dengan mural berisi pesan moral.

Sebelumnya, pada Senin, 20 Agustus 2018 malam, peristiwa tawuran terjadi di Pasar Rumput. Tawuran ini melibatkan anak remaja dari warga Menteng Tenggulun Jakarta Pusat saat bertemu dengan warga Manggarai dan warga Kandang Kuda, Pasar Rumput.

Ratusan remaja dari kelompok itu terlibat tawuran dan saling lempar batu, serta kayu. Saat tiba di lokasi kejadian, polisi menghalau dan membubarkan massa.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500