Dok. burung cucakrowo. Foto: hobiburung.org

CCTV Ungkap 2 Pemanjat Pagar Rumah Gasak 8 Burung Senilai Rp 20 Juta

Estimasi Baca:
Senin, 16 Apr 2018 17:15:03 WIB
Dua pencuri menggasak 8 burung senilai Rp 20 juta. Aksi pencurian tersebut sayangnya terekam CCTV

Kriminologi.id - Dua pria berinisial ES alias Zelug (46) dan MH (39) diamankan oleh anggota Polsekta Bogor Barat lantaran mencuri sebanyak delapan burung milik korban bernama Irfan Risdian. Mereka ditangkap pada Sabtu, 14 April 2018 sekitar pukul 08.00 WIB di Kampung Muara Kidul RT.04/11 Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bobar, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, peristiwa pencurian burung milik Irfan terjadi pada Selasa, 3 April  2018 sekitar pukul 05.50 WIB di Jalan Poros Ujung Nomor 122 RT 04/4 Kelurahan Loji, Kecamatan Bobar, Kota Bogor. 

"Adapun burung yang hilang berupa 4 ekor burung Mozambik, 2 ekor burung Blackthroat, dan 2 ekor burung Cucak Rowo," kata Kapolsekta Bogor Barat, Komisaris Pahyuniati di Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 April 2018.

Pahyuniati menambahkan, kedua pelaku mengambil delapan ekor burung itu dari dalam sangkarnya yang digantung di depan rumah korban. Kedua pelaku bisa memasuki rumah korban dengan cara memanjat pagar. Setelah itu, mereka langsung melarikan burung milik korban. Namun nahas, aksi kedua pelaku terekam kamera pengawas CCTV.

Lebih lanjut, Pahyuniati menuturkan, bermodal CCTV tetsebut, kemudian pihak kepolisian segera mendalami kasus tersebut dengan melakukan penyelidikan. Dua hari berselang, pelaku dapat terungkap polisi. Dia ditangkap sekitar jpukul 08.00 WIB.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti yang meliputi satu ekor burung cucak rowo, empat ekor burung Mozambik, dan satu ekor burung Blackthroat.

"Kerugian dalam kasus ini diperkirakan mencapai Rp 20 juta ya. Para pelaku kami kenakan Pasal 363 KUHP," tuturnya.

KOMENTAR
500/500