Dok. Richard Liu. Foto: Ist/Kriminologi.id

Ditahan karena Kasus Pelecehan, Bos JD.com Telah Kembali ke Cina

Estimasi Baca:
Senin, 3 Sep 2018 22:00:28 WIB

Kriminologi.id - Kepolisian Minneapolis, Amerika Serikat telah membebaskan CEO JD.com, Richard Liu yang sempat ditangkap atas tuduhan pelecehan seksual. Bos raksasa e-commerce asal Cina itu juga telah kembali ke negara asalnya.

Liu yang ditahan oleh otoritas kepolisian pada Jumat, 31 Agustus 2018 malam, akhirnya dibebaskan pada keesokan harinya, Sabtu, 1 September 2018 sore waktu setempat.

"Dia telah dibebaskan tanpa tuntutan apapun dan tanpa persyaratan jaminan. Tuan Liu telah kembali bekerja di Cina," tulis JD.com dalam pernyataan resminya yang dilansir South China Morning Post, Senin, 3 September 2018.

Meski JD.com telah mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan bos mereka telah bebas dari tuduhan, namun keterangan berbeda datang dari kepolisian Minneapolis.

Kepolisian menyatakan penyelidikan terhadap Liu masih berlangsung meski telah membebaskan pria 45 tahun itu dari penahanan.
   
"Tetapi polisi tidak memberlakukan larangan perjalanan kepada Liu," kata jubir kepolisian Minneapolis, John Elder yang menyebut kehadiran Liu di kota itu untuk program pendidikan bisnis yang diselenggarakan oleh University of Minnesota.

Penahanan Liu telah menjadi topik hangat para netizen Cina di media sosial. Kementerian Luar Negeri Cina sampai turun tangan untuk menyelidiki situasi di sekitar penangkapan Liu. 

"Konsulat Cina di Chicago mencoba mengikuti dan memverifikasi fakta-fakta situasi tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying dalam konfrensi pers.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500