Sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH). mahkamahagung.go.id

Dua Hakim Bakal Disidang Etik Terjerat Kasus Selingkuh dan Terima Suap

Estimasi Baca:
Rabu, 1 Ags 2018 18:45:47 WIB

Kriminologi.id - Komisi Yudisial atau KY akan menggelar sidang Majelis Kehormatan Hakim atau MKH terhadap dua hakim yang melakukan pelanggaran kode etik. Dua hakim itu tersandung kasus berbeda, yaitu perselingkuhan dan penerimaan suap.

"Dua kasus ini memang merupakan kasus yang mendominasi sidang MKH, yaitu perselingkuhan dan suap," kata Juru Bicara KY Farid Wajdi  di Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2018.

Menurut Farid, sidang MKH terhadap dua pengadil di meja hijau itu akan digelar pada Agustus 2018 ini. 

"Tapi belum tahu tanggal berapa. Diagendakan pada bulan Agustus ini," ujar Farid.

Farid mengatakan, dua hakim yang akan menjalani sidang MKH itu adalah bagian dari 19 hakim terlapor yang direkomendasikan KY kepada Mahkamah Agung (MA).

Namun hanya dua yang berlanjut ke sidang MKH karena diduga melakukan pelanggaran Kode Etik Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Farid menuturkan, sidang MKH adalah perangkat yang dibentuk oleh MA dan KY untuk memeriksa dan memutus ada atau tidaknya pelanggaran KEPPH oleh terlapor.

Pada sidang itu pula, kata Farid, hakim terlapor memiliki kesempatan untuk membela diri jika merasa tidak

"MKH menjadi forum pembelaan diri bagi hakim yang berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan terbukti melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, serta diusulkan untuk dijatuhi sanksi berat berupa pemberhentian dengan hormat atau tidak dengan hormat," jelas Farid.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500