Ilustrasi dukun gadungan Ilustrator: Kriminologi.id

Dukun Palsu Curi Perhiasan Emas di Purwokerto, Ngaku Mampu Usir Tumbal

Estimasi Baca:
Rabu, 5 Sep 2018 11:25:55 WIB

Kriminologi.id - Darmaji (51), warga Dusun Sukorejo, Desa Peterongan, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, diamankan setelah kedapatan mencuri tiga buah cincin emas. 

Pencurian ini dilakukan dengan berpura-pura sebagai dukun yang mampu mengusir tumbal dari dalam rumah. 

Kasubbag Humas Polres Mojokerto, AKP Zainal Abidin, mengatakan aksi pelaku mencuri tiga cincin emas milik korbannya yang merupakan warga Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, terjadi pada Senin, 3 September 2018 sekira pukul 09.30 WIB.

Bermula ketika pelaku datang ke rumah korban dengan bergaya seperti orang pintar yang mengerti hal gaib. Dalam kunjungannya, Darmaji mengatakan jika di rumah korban tersimpan tumbal yang bisa mencelakakan seluruh penghuninya.

Karena itu, tumbal tersebut harus dipindahkan alias dibersihkan agar keluarga terhindar marabahaya. 

"Dia (Darmaji) mengatakan jika itu membawa dampak negatif bagi pemilik rumah. Kemudian pelaku menyarankan kepada korban untuk membersihkan diri," kata AKP Zainal Abidin di Mojokerto, Jawa Timur, seperti dikutip beritajatim.com pada Rabu, 5 September 2018.

Zainal  menambahkan, korban pun mengikuti perintah dukun palsu itu dan membuka cincin emas miliknya. Ketika korban melepaskan cincinnya dan mengambil perhiasan lainnya, pelaku langsung beraksi.

Oleh pelaku, ketiga cincin tersebut dimasukkan ke dalam gelas berisi air garam. Tanpa sepengetahuan korban, tiga buah cincin tersebut kemudian dimasukkan ke dalam saku.

Tak lama kemudian Darmaji melarikan diri.

"Melihat pelaku kabur, korban kemudian mengejarnya. Darmaji tertangkap di Desa Jotangan, Kecamatan Mojosari. Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa 3 cincin emas dan sepeda motor Honda Vario," ujarnya.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: beritajatim.com
KOMENTAR
500/500