Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga. Foto: Ist/Kriminologi.id

Eksekutor Herdi Sibolga Pamer Senpi dan Seragam TNI AL di Medsos

Estimasi Baca:
Rabu, 1 Ags 2018 16:52:11 WIB

Kriminologi.id - Abdullah Sunandar pelaku penembakan terhadap Herdi Sibolga di Penjaringan, Jakarta Utara, sering mengunggah di media sosial foto-foto dirinya tengah memamerkan senjata api dan berseragam TNI Angkatan Laut (AL). Pihak TNI AL menyebut Sunandar sudah dipecat.

Sejumlah foto yang diunggah Sunandar diperoleh Kriminologi.id berdasarkan penelusuran dari laman media sosial Facebook, Rabu, 1 Agustus 2018. Sunandar sengaja tidak menggunakan namanya sebagai nama akun di Facebook.

Akun Facebook tersebut, tak kurang mengunggah 11 foto yang memperlihatkan Sunandar tengah bergaya di depan kamera dengan menyandang senjata api. Foto-foto tersebut diunggah pada periode 2018.

Salah satu foto yang diunggah 7 Februari 2018, memperlihatkan Sunandar memegang senjata serbu laras panjang. Dia mengenakan baju berwarna putih dipadu dengan celana jins dan sepatu olah raga.

Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga saat berpose. Foto: Ist/Kriminologi.id
Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga saat berpose. Foto: Ist/Kriminologi.id

Selain itu Sunandar juga mengenakan rompi bertuliskan Denjaka atau Detasemen Jalamangkara, sebuah detasemen penanggulangan teror aspek laut dalam tubuh TNI Angkatan Laut. Di belakang Sunandar berpose, nampak sebuah mobil milik Denjaka bertuliskan EOD Tim Denjaka atau mobil penjinak bahan peledak (Explosive Ordnance Disposal).

Dalam foto lainnya yang diunggah pada tanggal yang sama, Sunandar nampak sedang membidik sebuah target menggunakan senjata api genggam. Dalam foto itu dirinya mengenakan jas dengan dasi berwarna merah, khas seorang pengawal khusus.

Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga saat berpose. Foto: Ist/Kriminologi.id
Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga saat berpose. Foto: Ist/Kriminologi.id

Sunandar juga mengunggah foto dirinya sedang mengenakan seragam TNI AL. Foto kolase tersebut terdiri dari tiga foto. Foto pertama Sunandar mengenakan seragam TNI AL dengan baret biru disertai atribut berlogo PM di lengan kiri.

Foto yang diunggah akun tersebut pada 5 Mei 2018, memperlihatkan Sunandar mengenakan seragam loreng dengan baret ungu. Dalam foto itu Sunandar tengah bergelantungan di sebuah tempat yang biasa digunakan untuk latihan prajurit TNI sambil membawa senjata laras panjang. Foto tersebut nampak jelas Sunandar berada di atas air laut.

Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga saat berpose.
Abdullah Sunandar eksekutor penembakan Herdi Sibolga saat berpose. Foto: ist

Diberitakan sebelumnya Tim Jatanras Polda Metro Jaya menangkap empat orang pelaku penembakan Herdi Sibolga yang ditemukan tewas di Penjaringan, Jakarta Utara. Empat pelaku tersebut adalah  AS (41), JS (36), PWT (32), dan SM (41). AS dalam inisial itu diketahui bernama Abdullah Sunandar, eksekutor pembunuhan Herdi Sibolga.

Seorang warga berinisial J yang merupakan tetangga Sunandar mengaku mengetahui sosok Sunandar sudah dipecat sebagai Anggota TNI AL. Sementara pihak TNI AL Sunandar bukan merupakan anggota TNI.

"Saya baru dapat info yang bersangkutan bukan angkatan laut. Jadi ngga ada kapasitas untuk memberikan press release,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Gig Jonias Mozes Sipasulta dalam pesan tertulisnya kepada Kriminologi.id di Jakarta, Selasa, 31 Juli 2018.

Kepala Sub Dinas Penerangan Umum (Kasubdispenum) Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) Kolonel Laut (KH) Heddy Sakti mengakui jika Abdullah Sunandar yang menjadi eksekutor penembakan mati Herdi Sibolga di Penjaringan, Jakarta Utara adalah mantan anggota TNI AL.

"Betul (Abdullah Sunandar, mantan prajurit TNI AL)," kata Heddy saat dikonfirmasi Suara.com (jejaring Kriminologi.id), Selasa, 31 Juli 2018. AS

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500