Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (16/04/2018). Foto: TNI.mil.id

Gatot Nurmantyo: Janji Suci Kopassus untuk Rakyat Bukan Kelompok

Estimasi Baca:
Senin, 16 Apr 2018 15:42:03 WIB

Kriminologi.id - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengajak seluruh masyarakat merenungkan bait terakhir janji suci Kopassus yang dikenal dengan Hymne Komando.

Janji suci itu telah diikrarkan di hadapan sang kuasa, di bawah dwi warna sang panji. 

Demikian pidato singkat Gatot Nurmantyo yang diunggah di Youtube dengan durasi 2 menit 52 detik itu. Pidato itu diunggah oleh Dea Ayunda tertanggal 15 April 2018, sehari menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kopassus ke-66. 

Ia menjelaskan bait terakhir janji suci Kopassus itu berbunyi," Lebih baik pulang nama dari pada gagal di medan laga.
    
"Dengan kerendahan hati, ijinkan saya mengingatkan bahwa janji itu hanya dipersembahkan untuk rakyat, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia bukan untuk suatu kelompok, bukan untuk suatu ras, dan bukan untuk suatu kekuasaan," ujar Gatot Nurmantyo. 

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Jenderal Gatot Nurmantyo saat mengikuti pelatihan untuk mendapatkan brevet bersama prajurit Kopassus. 

Gatot mengenakan jas dilengkapi dasi berwarna merah senada dengan baret. Pada baret tersebut tersemat empat bintang emas di samping emblem Kopassus.

Gatot meraih brevet kehormatan anggota Kopassus saat menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang dilantik 25 Julii 2014. Seorang KSAD akan secara otomatis mendapatkan brevet sebagai tanda penghargaan, akan tetapi, Gatot memilih meraih itu semua dengan mengikuti seluruh proses latihan yang biasa dilakukan prajurit Kopassus. 

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama musisi senior Iwan Fals.

Ia mengikuti latihan tiga minggu dari waktu semestinya selama tujuh bulan. Dalam akhir dari pidatonya itu, mantan KSAD mengajak seluruh prajurit untuk menjunjung tinggi nama besar dan harga diri Korps Baret Merah. 

"Dirgahayu Korps Baret Merah ke-66, berani, benar, berhasil. Komando!" ucap Gatot Nurmantyo sambil mengepalkan tangan seraya ucapan salam khas anggota Kopassus.

Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500