Lokasi yang terdapat di video viral satpam diduga minta pungli di Blok B Tanah Abang, Jakarta. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

GM Tanah Abang Perketat Aturan Usai Cekcok Satpam dan Pedagang

Estimasi Baca:
Kamis, 30 Ags 2018 00:05:38 WIB

Kriminologi.id - Usai insiden pertikaian seorang pedagang dengan beberapa okum satpam di Blok B Los F pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang sempat viral beberapa waktu lalu, pihak pengelola akan mengetatkan peraturan. 

Pertikaian itu disebabkan pedagang yang meletakan barang dagangannya tak sesuai dengan aturan.

General Manager Blok B Tanah Abang, Bevi Linawati mengatakan, pengetatan aturan itu yaitu para pedagang dilarang meletakan aksesoris dagangnya seperti manekin atau barang dagangnya sendiri di luar dari wilayah tokonya.

"Pedagang harus sesuai dengan ruang yang disewa atau dibeli. Kalau pun mau lewat dari kios harus sesuai toleransi yang diberikan oleh pengelola tidak lebih 50 cm ke depannya," kata Bevi kepada Kriminologi.id saat dihubungi, Rabu, 29 Agustus 2018.

Bahkan, untuk mencegah adanya pelanggaran yang dilakukan para pedagang, kata Bevi, pihaknya akan melakukan pengawasan secara berkala dan tak akan segan melakukan penertiban. 

Apalagi, tindakan para pedagang yang tetap meletakan aksesoris dan barang dagangannya di luar batas toko dapat mengganggu para pengunjung dan pedagang lainnya.

"Kami sampaikan bahwa kami akan terus melakukan perapihan pajangan kios," ujar Bevi.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video viral sejumlah oknum sekuriti yang diduga meminta uang sewa lahan ke pemilik toko di Tanah Abang beredar di media sosial. Video tersebut viral usai diunggah akun Facebook Chen Yin Hiung pada Minggu, 26 Agustus 2018.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik yang dilihat Kriminologi.id, nampak seorang oknum satpam tengah terlibat adu mulut dengan seorang pemilik toko yang mengenakan kaus abu-abu. Keributan itu terjadi diduga lantaran oknum security meminta sejumlah uang kepada pedangang itu.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500