Ilustrasi pembobolan ATM, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Idap Penyakit Paru-paru dan Candu Judi, Operator ATM Gasak Rp 327 Juta

Estimasi Baca:
Kamis, 2 Ags 2018 21:45:53 WIB

Kriminologi.id - Seorang operator perawatan dan perbaikan serta pengisian uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri milik Bank Mandiri menggelapkan uang Rp 327 juta. Aksi itu dilakukan selama periode Maret hingga Juli 2018.

Pelaku yang berinisia MI (29) mengaku terpaksa melakukan penggelapan uang karena terdesak ingin membeli obat karena sedang terjangkit penyakit paru-paru. Selain itu, ia juga mengaku kecanduan judi poker.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrium Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara Jaya mengatakan, tersangka MI menggelapkan uang yang ada di dalam mesin ATM saat melakukan pekerjaannya.

Karyawan swasta dari perusahaan pihak ketiga Bank Mandiri ini telah menggelapkan uang di 12 mesin ATM yang tersebar di Kota Palembang.

"Uang yang diambil pelaku sedikit demi sedikit hingga mencapai Rp 327 juta. Dengan peralatan khusus, pelaku berhasil mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM," kata Yoga, di Palembang, Kamis, 2 Agustus 2018.

Polisi juga telah mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza BG-1810-PG, satu unit sepeda motor Honda Beat Nopol BG-3303-RA dan uang tunai sebesar Rp 6,75 juta milik tersangka.

Sementara itu, tersangka MI mengatakan dirinya bekerja sebagai karyawan PT Wiratanu Persada Tama sekitar delapan bulan. Namun untuk aksi penggelapan yang ia lakukan baru dijalankan pada Maret yang lalu.

"Dengan memegang kunci, saya bisa membuka brankas, lalu mengambil uang sisa yang ada di dalam mesin ATM. Waktu saya mengambil uang tidak pernah saya hitung," ujar MI.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500