Gedung Apartemen Kalibata, Jakarta Selatan. Foto: Rohmayanti/Kriminologi.id

Istilah 'Open BO' dalam Prostitusi ABG di Kalibata City

Estimasi Baca:
Kamis, 9 Ags 2018 16:45:32 WIB

Kriminologi.id - Aparat Polda Metro Jaya membekuk tiga pelaku penyedia layanan prostitusi online dan Pekerja Seks Komersial atau PSK yang melibatkan anak di bawah umur di apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Para pelaku memanfaatkan media sosial untuk mencari pelanggan melalui aplikasi Beetalk dan Wechat.

Pelaku menawarkan layanan prostitusinya dengan menulis kata-kata “Open BO” atau Booking Out melalui dua aplikasi tersebut.

Dalam menjalankan aksinya, ketiga pelaku menggunakan 17 unit apartemen yang berada di 5 tower apartemen Kalibata City dari jumlah keseluruhan sebanyak 18 tower.

Penelusuran Kriminologi.id, Kamis, 9 Agustus 2018, di sejumlah media sosial, apartemen Kalibata City kerap dikunjungi oleh pelanggan prostitusi online. Pada laman Facebook, setidaknya terdapat 25 unggahan yang diduga menjajakan diri di apartemen tersebut. Namun keberadaan sejumlah akun tersebut belum diketahui keasliannya.

Sejumlah unggahan itu terpampang melalui berbagai nama akun secara publik. Bahkan tak jarang penggunanya menyertakan foto untuk menambah daya tarik. Salah satu akun yang berinisial DFR menuliskan dalam akun miliknya.

08211112*** open vcs, bo, buat yg serius bisa chat, Biar ga nanya nanya lagi LOKASI AKU DI JAKARTA SELATAN KALIBATA CITY.

Screenshot akun Facebook diduga prostitusi online di Kalibata City. Foto: Ist/Kriminologi.id
Screenshot akun Facebook diduga prostitusi online di Kalibata City. Foto: Ist/Kriminologi.id

Unggahan tertanggal 2 Juli 2018 tersebut disukai 153 pengguna Facebook dan dikomentari sebanyak 13 pengguna. Pada tanggal yang sama akun tersebut juga kembali mengunggah postingan yang sama.

Selain itu ada pula akun ‎dengan inisial AC yang menulis dalam akun Facebook miliknya. Unggahan tersebut juga disukai oleh 21 pengguna Facebook lainnya.

Yg minat open bo inbox me Kalibata city.

Screenshot akun Facebook diduga praktik prostitusi di Kalibata City. Foto: Ist/Kriminologi.id
Screenshot akun Facebook diduga prostitusi online di Kalibata City. Foto: Ist/Kriminologi.id

Akun lainnya yang diduga berpraktik di Kalibata City adalah akun dengan inisial EM. EM mengunggah postingan pada 7 Agustus 2018 menggunakan istilah yang sama. 

‎Bantu teman. Open BO nih temen ane tinggal di kalibata city 500 2 jam minat/serius chat ajaa.

Diberitakan sebelumnya, tiga pelaku penyedia layanan prostitusi online terhadap Pekerja Seks Komersial atau PSK yang melibatkan anak di bawah umur, ditangkap aparat Polda Metro Jaya.

Para pelaku memasarkan lima anak perempuan untuk menjalankan aksi prostitusinya di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan.

Salah satu pelaku yang ditangkap dalam kasus tersebut yakni berinisial SBR. Dalam menjalankan aksinya menjajakan para PSK SBR menggunakan aplikasi Beetalk dan Wechat.

Satu dari tiga pelaku berinisial SBR bertugas menjajakan para PSK kepada para lelaki hidung belang. SBR yang merupakan seorang laki-laki kerap menyamar sebagai perempuan dengan menggunakan foto perempuan dalam aplikasi Beetalk dan Wechat tersebut. 

SBR juga menawarkan para PSK kepada lelaki hidung belang seharga Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta rupiah untuk satu orang PSK. AS

Reporter: Achmad Sakirin
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500