Barang bukti saat rilis kasus pencurian kendaraan bermotor di Polres Metro Bekasi (14/03/2018). Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Jual Motor Curian di Facebook, 3 ABG Pelaku Curanmor Diciduk Polisi

Estimasi Baca:
Rabu, 14 Mar 2018 14:48:08 WIB

Kriminologi.id - Pencurian sepeda motor yang terjadi pada Januari 2018 terungkap melalui sebuah postingan iklan penjualan sepeda motor di media sosial. Gara-gara motor hasil curian tak laku-laku, salah seorang pelaku pencurian memasang iklan di Facebook.

Kasus itu terkuak setelah salah seorang rekan korban iseng melihat iklan motor bekas di Facebook dan menemukan motor korban. Ternyata komplotan curanmor itu adalah remaja yang masih berusia 15 tahun yakni Wahyu, Bayu dan MS. Ketiganya pun dengan mudah diciduk anggota Polsek Makasar, Jakarta Timur pada akhir Februari lalu.

Peristiwa pencurian itu terjadi pada 18 Januari 2018 malam. Saat itu korban berinisial A memarkirkan sepeda motor Yamaha Mio dengan nomor polisi B 6339 TLI di depan rumah salah seorang temannya tanpa menggunakan kunci pengaman.

Baca: Sindikat Curanmor Indramayu Dibekuk, Dikendalikan Napi di LP Tangerang

curanmor

Ketiga pelaku yang menggunakan satu sepeda motor merek Honda Beat bernomor polisi B 4795 TSF melintas di lokasi kejadian. Wahyu bertugas mengambil motor,  sedangkan Bayu dan MS berjaga-jaga di sekitar lokasi.

"Kebetulan sepeda motor korban tidak dikunci setang. Korban lengah motor dibawa dengan cara di-stut atau didorong hingga ke tempat aman," kata Kapolsek Makasar, Kompol Nurdin Arrahman di Mapolsek Makasar, Rabu, 13 Maret 2018 siang.

Usai mendapatkan motor korban, ketiga pelaku yang baru pertama kali mencuri itu kebingungan bagaimana menjual sepeda motor hasil curian itu.

Setelah putar otak, ketiga remaja itu akhirnya sepakat untuk memposting hasil curian mereka ke jejaring sosial Facebook seharga Rp 3,5 juta.

Namun hampir tiga bulan berjalan, sepeda motor tersebut tak kunjung laku. Selidik punya selidik, calon pembeli tak mau melanjutkan transaksi karena surat-suratnya tak lengkap.

Baca: Dikepung, Residivis Pencuri Alat Elektrik Escavator Terjun ke Sungai

curanmor

Postingan iklan motor di Facebook ini juga ternyata menjadi bumerang. Salah satu rekan korban yang saat itu iseng mencari motor bekas melihat sepeda motor itu.

"Rekannya langsung menghubungi korban selanjutnya korban melaporkan ke Polsek Makasar," ujar Nurdin.

Melihat hal itu, anggota berpura-pura ingin membeli sepeda motor bodong tersebut yang kemudian oleh pelaku direspon dengan ajakan bertemu di suatu tempat untuk melakukan transaksi di daerah Kebon Pala, Jakarta Timur.

"Akhir Februari 2018 kami langsung bekuk tiga tersangka saat akan melakukan transaksi," katanya.

Menurut Nurdin, ketiga pelaku mengaku baru pertama kali melakukan pencurian sepeda motor. "

Ngomongnya baru pertama kali melakukan pencurian, tapi kami masih melakukan penyelidikan, benar atau tidak," ucapnya.

Akibat perbuatanya, tiga pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. MG

Reporter: Rahmat Kurnia
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500