Kebakaran Pasar Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Foto: Oedjhie1/Twitter

Kebakaran Pasar Gedebage Bandung, Ridwan Kamil Salahkan Pengelola

Estimasi Baca:
Selasa, 4 Sep 2018 15:05:45 WIB

Kriminologi.id - Pemerintah Kota Bandung menyalahkan pengelola Pasar Gedebage, PT Ginanjar lantaran tidak bisa memperhatikan standar keamanan. Akibatnya, kebakaran di Pasar Gedebage terulang.

"Saya meminta pertanggungjawaban dari PT Ginanjar untuk memberikan tanggung jawab terhadap situasi. Pertama tanggung jawab terhadap konsumen karena rata-rata membeli Rp 50-70 juta per kios, tapi tanpa kelengkapan keamanan," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Selasa, 4 September 2018.

Ridwan Kamil mengatakan, PT Ginanjar selaku pengelola pasar tidak memperhatikan keamanan dan keselamatan para pedagang, salah satunya penyediaan alat pemadam kebakaran. Di lokasi tersebut, tidak ditemukan satu pun alat yang bisa untuk memadamkan api.

Akibatnya, kebakaran besar terjadi pada Senin, 3  September 2018. 

"Kalau api kecil harusnya bisa dipadamkan oleh tabung kecil itu yang harusnya disediakan oleh pihak swasta," kata Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Selain itu, kata Emil, pengelolaan yang tidak profesional seperti penataan kawasan, yang terlihat dengan adanya pedagang kaki lima (PKL) memenuhi jalan, menyebabkan mobil pemadam kesulitan saat akan memadamkan api.

"Intinya jangan mengejar duit tetapi mengabaikan keselamatan," kata dia.

Pemkot Bandung akan segera mengirimkan surat kepada pihak pengelola untuk bertanggung jawab terhadap penanganan sekitar 150 kios yang terbakar.

Di sisi lain, Pemkot Bandung untuk sementara akan memberikan lahan khusus bagi para pedagang yang terdampak, hingga nanti adanya keputusan pertanggungjawaban dari PT Ginanjar.

"Lahan Gedebage ini terbagi dua, ada lahan milik PD Pasar yang menjadi tanggung jawab Pemkot Bandung dan ada pasar milik swasta. Kebakaran ini terjadi beberapa kali selalu di pasar milik swasta. Nanti, kita pindahkan dulu ke lahan milik Pemkot," kata dia. 

Sebelumnya diberitakan, pada Senin, 3 September 2018 pukul 17.00 WIB, terjadi kebakaran di Pasar Gedebage, Bandung. Kobaran api melalap ratusan kios di pasar tersebut.

Api diduga berasal dari los daging. Kebakaran itu melanda los 3 hingga los 6. Api juga membakar sebagian kos sementara yang dibangun pascakebakaran pada Juli 2018.

Untuk memadamkan kobaran api tersebut, pemerintah setempat mengerahkan 19 unit mobil pemadam kebakaran.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500