Bus pariwisata jatuh ke jurang di Sukabumi. Foto: FB Adhitiya Ramadani

Kecelakaan Bus Maut di Sukabumi, Total Korban Tewas 21 Orang

Estimasi Baca:
Sabtu, 8 Sep 2018 22:35:06 WIB

Kriminologi.id - Jumlah korban tewas kecelakaan bus pariwisata di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat terus bertambah. Menurut catatan kepolisian, korban tewas akibat terperosoknya bus ke dalam jurang sedalam 25 meter itu mencapai 21 orang.

"Dari hasil evaluasi dan pendataan yang dilakukan kami, jumlah yang meninggal dunia 21 orang akibat kecelakaan yang terjadi di Desa/Kecamatan Cikidang tersebut," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi dalam keterangan kepada media di Sukabumi, Sabtu, 8 September 2018 malam.

Adapun rincian total korban kecelakaan maut itu sebanyak 21 korban meninggal dunia dan 12 luka berat yang semuanya ditangani RSUD Palabuhanratu. Sementara tiga korban berada di RS Sekarwangi Cibadak dan dua korban berada di Puskesmas Cikidang telah dirujuk ke RS Palabuhanratu.

"Untuk 21 korban meninggal dunia sudah kami identifikasi," katanya.

Nasriadi mengatakan, kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap kejadian kecelakaan maut di Cikidang ini. Polisi juga belum menyimpulkan penyebab utama kejadian memilukan tersebut karena belum melakukan olah TKP dan masih fokus dengan evakuasi. 

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, korban tewas mayoritas dari Bogor dan Depok dan semuanya teridentifikasi. 

Satu korban tewas atas nama Muhamad Darwis warga Kampung Cipedes, Desa Cilengsing, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi telah dibawa pulang keluarga.

RSUD Palabuhanratu sebelumnya mengatakan, kebanyakan korban yang meninggal dunia tersebut akibat benturan keras di kepala sehingga menyebabkan pendarahan berat. 

Ditambah saat kejadian banyak korban yang tertindih korban lainnya maupun badan bus yang terguling di dalam jurang sedalam 25 meter.

Hingga kini masih ada beberapa korban dalam kondisi kritis dan belum sadarkan diri karena luka parah di sekujur tubuh yang dirawat di RSUD Palabuhanratu.

Diberitakan sebelumnya, rombongan bis yang mengangkut puluhan karyawan dealer motor Honda PT Catur Putra Group Bogor berencana akan berwisata ke lokasi arung jeram di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan empat minibus. 

Namun, bus yang paling belakang dengan nopol B 7025 SAG dan mengangkut 31 orang dan 2 awak bus terperosok ke dalam jurang sedalam 25 meter.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500