Rilis kasus perampokan Rumah Potong Hewan (RPH) di kawasan Cibodas, Kota Tangerang. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Kecoh Warga, Dua Perampok RPH Tangerang Pakai Atribut Ojek Online

Estimasi Baca:
Jumat, 10 Ags 2018 17:45:05 WIB

Kriminologi.id - Kawanan perampok Rumah Potong Hewan atau RPH yang berada di kawasan Cibodas, Kota Tangerang, Banten, menggunakan atribut pengendara ojek online untuk  mengecoh kecurigaan warga sekitar saat beraksi.

Penyamaran sebagai pengendara ojek online in dilakukan agar jejaknya tak mudah diketahui polisi. 

Kapolres Metro Tangerang, Kombes Harry Kurniawan, mengatakan ketika beraksi kawanan perampok ini tak hanya menggunakan orang dalam yakni petugas satuan pengamanan atau satpam, tetapi juga memanfaatkan keberadaan jaket yang kerap digunakan oleh tukang ojek online.

Menurut Kombes Harry, dua tersangka yang menyamar ojek online bernama Aris Gunawan dan Lili Sandra. Keduanya diketahui bertugas mengawasi keadaan sekitar rumah potong hewan dan menunggu para eksekutor keluar agar tak dicurigai oleh warga sekitar.

“Pada saat berpapasan dengan warga, mereka menggunakan helm dan jaket (atribut ojek online). Masyarakat mengira yang bersangkutan tukang ojek online yang sedang menunggu pelanggannya (eksekutor). Mereka beralibi sedang menunggu pelanggan,” kata Kombes Harry di Rumah Potong Hewan (RPH), Cibodas, Tangerang, Banten Jumat 10 Agustus 2018.

Dengan menggunakan atribut ojek online itu, kata Harry, kedua tersangka berhasil mengecoh warga sekitar. Mereka tidak dicurigai oleh warga yang tinggal tak jauh dari lokasi RPH itu berdiri. 

Selain beratribut ojek online, kedua pelaku yang memantau situasi itu juga diuntungkan dengan aktifitas RPH yang diketahui semakin sibuk menjelang malam hari. Sebab, operasional RPH baru mulai dari malam hingga pagi hari.

“Masyarakat di sini ramai karena mereka menggunakan ojek online, maka mereka percaya. Selain itu juga karena karyawan di sini bekerja mulai dari malam hari," kata Harry.

Sebelumnya diberitakan, kawanan rampok bersenjata api (Senpi) kembali beraksi, uang tunai yang diperkirakan mencapai ratusan juta berhasil digasak dari Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di Cibodas, Tangerang, Banten.

Dalam insiden perampokan ini, dua karyawan menjadi korban penyekapan. Tak butuh waktu lama, polisi berhasil mengakap tujuh pelaku yang dua di antaranya ditembak mati lantaran mencoba melawan dengan cara melukai petugas saat hendak ditangkap.

Dua tersangka yang ditembak yaitu Zamawi (38) dan Sobri (38). Keduanya berperan sebagai eksekutor dalam perampokan itu.

Sedangkan lima tersangka lainnya yaitu, Aris Gunawan (34), Lili Sandra (34), Mardani (36), Rohman (36) dan Firmansyah (37), merupakan orang yang membantu atau terlibat dalam perampokan uang senilai ratusan juta rupiah.

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500