Lokasi yang terdapat di video viral satpam diduga minta pungli di Blok B Tanah Abang, Jakarta. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Keributan di Pasar Tanah Abang Viral, Pedagang: Bukan karena Pungli

Estimasi Baca:
Selasa, 28 Ags 2018 16:05:05 WIB

Kriminologi.id - Video viral yang memperlihatkan keributan antara beberapa sekuriti dengan Tanto, seorang pedagang di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, bukan lantaran uang atau pungutan liar (pungli). Keributan itu dipicu permasalah penempatan barang dagang yang menggangu akses jalan pengunjung.

Pemicu terjadinya keributan di Blok B pasar Tanah Abang itu diucapkan oleh salah seorang pegadang pakaian yang bernama Chris. Menurutnya, insiden itu terjadi pada saat seorang pihak sekuriti yang tengah patroli menegur Tanto yang meletakan barang yang tidak seusia pada tempatnya.

"Bukan karena uang atau pungli, jadi awalnya itu satpam negur karena di situ ada kotak-kotak yang ganggu jalan," kata Chris kepada Kriminologi.id saat ditemui di lokasi, Selasa, 28 Agustus 2018.

Namun, tiba-tiba security yang menegur Tanto berkata kasar sehingga membuat situasi kian memanas. Bahkan, Tanto yang tersinggung dengan ucapan sekuriti itu pun membalas ucapan itu dengan nada yang tinggi. Sehingga terjadi cek-cok antar kedua pihak.

Klarifikasi pihak manajemen Blok B Tanah Abang terkait video satpam diduga minta uang sewa lahan. Foto: Instagram
Klarifikasi pihak manajemen Blok B Tanah Abang terkait video satpam diduga minta uang sewa lahan. Foto: Instagram

Terpisah, salah seorang pegawai toko yang enggan disebutkan namanya, membenarkan bahwa insiden keributan itu bukan lantaran pungli yang dilakukan oleh para sekuriti. Ia menyebut perdebatan itu terjadi hanya lantaran permasalahan peletakan barang.

"Bukan, bukan pungli itu salah. Itu cuma karena barang-barang ini aja yang ditaruh didepan. Jadi ditegur sama security tapi karena mereka bahasanya kasar jadi tersinggung," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video viral sejumlah oknum security yang diduga meminta uang sewa lahan ke pemilik toko di Tanah Abang beredar di media sosial. Video tersebut viral usai diunggah akun Facebook Chen Yin Hiung pada Minggu, 26 Agustus 2018.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik yang dilihat Kriminologi.id, nampak seorang oknum satpam tengah terlibat adu mulut dengan seorang pemilik toko yang mengenakan kaus abu-abu. Keributan itu terjadi diduga lantaran oknum security meminta sejumlah uang kepada pedangang itu.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500