Ilustrrasi prostitusi. Foto: Unsplash.com

Keyko, Ratu Prostitusi Pemilik 2000 PSK Bakal Disidang di PN Surabaya

Estimasi Baca:
Rabu, 5 Sep 2018 18:35:38 WIB

Kriminologi.id - Pengadilan Negeri (PN) Surabaya segera menggelar persidangan kasus prostitusi yang menyeret Yunita alias Keiko atau Keyko, seorang wanita yang mengaku mengendalikan jaringan dua ribu pekerja seks komersial (PSK).

Penyidik Polda Jawa Timur yang mengusut kasus tersebut telah melakukan pelimpahan tahap kedua kepada Kejaksaan Tinggi.

"Sudah (pelimpahan) tahap dua kemarin, kita lihat nanti di persidangan," ujar Jaksa Beny Hermanto, Rabu, 5 September 2018, seperti dilansir dari beritajatim.com.

Beny mengatakan, pelimpahan tahap kedua berupa tersangka dan barang bukti itu telah dilakukan penyidik pada Selasa, 4 September 2018. 

Keyko ditangkap petugas kepolisian atas dugaan memimpin jaringan prostitusi di berbagai kota di Pulau Jawa dan Kalimantan.

Ia mengaku mengendalikan lebih dari dua ribu PSK yang tersebar di berbagai kota mulai Surabaya, Malang, Semarang, Jakarta, Bandung, hingga Banjarmasin.

Tahun 2013 lalu, ia sempat keluar dari penjara. Belum juga kapok, ia kembali terlibat perdagangan manusia atau human trafficking. 

Ia mengendalikan bisnis prostitusi secara online. Pada 7 Mei 2018, ia kembali dibekuk aparat Ditreskrimsus Polda Jatim.

Wanita asal Denpasar Bali ini menyediakan jasa layanan PSK daring. Ia dibantu 50 germo atau muncikari dalam mengoperasikan jaringan prostitusinya.

"Pelaku menawarkan wanita-wanita cantik dan model ke pelanggan. Dia menawarkan perempuan melalui media sosial WhatsApp (WA) dengan mengirimkan foto-foto ke para pelanggan," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Rabu, 9 Mei 2018.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500