Ilustrasi pencurian mobil. Ilustrasi: Kriminologi.id

Komplotan Pencuri Gasak 4 Ban Mobil Sekaligus Dalam Waktu 10 Menit

Estimasi Baca:
Jumat, 31 Ags 2018 08:05:37 WIB

Kriminologi.id - Komplotan pencuri yang seorang di antaranya residivis nekat melakukan pencurian ban dan pelek mobil Gowa, Sulawesi Selatan. Dalam melakukan aksinya, komplotan ini sanggup mempreteli keempat ban mobil yang tengah diparkir hanya dalam waktu 10 menit.

Komplotan spesialis pencuri ban tersebut ditangkap Polres Gowa, Polda Sulawesi Selatan.

“Pencurian ban dan pelek mobil ini menjadi perhatian kami, karena aksi pencurian dilakukan oleh kawanan pelaku dengan langsung mencuri empat buah ban sekaligus,” kata Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, di Gowa, Sulawesi Selatan.

Shinto mengatakan, aksi komplotan pencuri ban dan pelek ini amat meresahkan warga Makassar maupun warga Kabupaten Gowa.

Pengungkapan pencurian iini berhasil dilakukan oleh Unit Opsnal Reskrim Polsek Somba Opu, Polres Gowa dengan meringkus langsung otak pelaku yang merupakan warga Jalan Muh Jufri, Makassar berinisial SA. 

Kepada polisi usai ditangkap, pelaku berusia 36 tahun itu mengakui aksinya dilakukan pada enam lokasi di Kabupaten Gowa dan umumnya di BTN Tamarunang Indah. Pelaku, kata Shinto, tidak menargetkan ban dan velg mobil mana yang akan diambilnya karena pelaku beraksi mempertimbangkan segala sesuatu termasuk aspek kemudahan.

“Pelaku ini adalah residivis dengan kasus yang sama. Pelaku dalam pengakuannya kepada anggota mengaku jika ban mobil diambil secara random dalam waktu 10 menit. Jika ada kesempatan lebih, pelaku menyempatkan mengambil audio maupun barang-barang yang ada di dalam mobil,” katanya.

Shinto mengatakan, pelaku SA dalam setiap aksinya selalu dibantu oleh rekan-rekannya yang berjumlah 4 orang. Semua rekannya itu memiliki peran masing-masing. Polisi mengaku telah mengantongi identitas masing-masing pelaku. 

"Pelaku melakukan aksinya bersama empat orang temannya dengan peranan yang berbeda-beda, dan telah diketahui identitasnya. Saat ini sedang dalam proses pengejaran," ujar Shinto.

Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 87 ban dan pelek beragam ukuran dan merek. Semua barang bukti itu oleh pelaku disimpan di beberapa tempat berbeda. Atas perbuatannya, pelaku terancam hukuman tujuh tahun penjara dan subsider hukuman lima tahun kurungan.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500