Laci Dimanfaatkan Pegawai Money Changer Kelabui Wisatawan Perancis

Estimasi Baca :

Ilustrasi: Uang suap Foto: Pixabay.com - Kriminologi.id
Foto: Pixabay.com

Kriminologi.id - Ouahib Temmar, wisatawan asal Perancis, menjadi korban pencurian oleh seorang remaja bernama Ketut Tran. Uang milik wisatawan berusia 30 tahun itu dicuri Ketut Tran yang masih berusia 18 tahun saat menukarkan uang di money changer yang berada di Jalan Kartika Plaza, Kuta, Bali. 

“Kepada petugas, pelaku mengakui mencuri uang milik korban Temmar sebesar Rp 1 juta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Kapolsek Kuta, Komisaris Pol I Nyoman Wirajaya, di Kuta, Bali, Rabu, 13 Juni 2018. 

Aksi pencurian uang yang dilakukan tersangka yang juga petugas money changer itu dilakukan pada 9 Juni 2018 sekitar pukul 18.00 WITA. Modus pencurian dilakukan pelaku dengan memanfaatkan laci untuk mengelabui korbannya setelah menukar uang di tempatnya bekerja.

Dari hasil interogasi petugas, tersangka mengambil uang korban dengan cara menjatuhkan sejumlah uang milik korban ke dalam laci setelah dilakukan penukaran.

"Maksudnya di sini saat korban menukar uang di tempat kerja tersangka sebesar 235 Euro dengan kurs rate Rp16.360, selanjutnya tersangka menyerahkan uang sebesar Rp 2,8 juta kepada korban agar dilakukan penghitungan ulang," katanya.

Namun, setelah uang itu dihitung korban, tersangka meminta kembali uang tersebut dengan alasan untuk keperluan dive uang.

"Saat uang korban diambil kembali itu, tersangka menjatuhkan uang milik korban ke dalam laci tempat penukaran tersebut tanpa seizin korban," katanya.

Merasa ada yang janggal, korban kemudian melaporkan kejadian itu kepada saksi Sjarani yang merupakan anggota kepolisian yang sedang berpatroli di kawasan setempat. 

Dar laporan tersebut, tim Opsnal Polsek Kuta yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Aan Saputra langsung menuju ke TKP dengan didampingi korban. Sesampainya di TKP, korban langsung menunjuk orang yang melayani saat melakukan penukaran uang. Oleh polisi, tersangka dan barang bukti digelandang ke Polsek Kuta.

Baca Selengkapnya

Home Hard News Umum Laci Dimanfaatkan Pegawai Money Changer Kelabui Wisatawan Perancis

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu