Ilustrasi--Cuplikan video maling bersenpi babak belur dikeroyok warga di plaju Palembang. Foto: Ist/Kriminologi.id

Langkah Cerdik Satpam, Taklukan 2 Pelaku Curanmor Usai Diancam Senpi

Estimasi Baca:
Jumat, 18 Mei 2018 19:55:37 WIB

Kriminologi.id - Langkah cerdik Dwi, satpam di Rusunawa Apron, Kemayoran, Jakarta Pusat saat menaklukan tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Meski diancam pelaku curanmor dengan senjata api, Dwi tak menyerah. Ia mengambil langkah cerdik dengan berlari cepat menghindar dari pelaku menuju Polsek Kemayoran. 

Aksi pandai satpam ini pun membuat kedua pelaku curanmor bertekuk lutut. Hanya seorang dari mereka yang kabur melarikan diri.

Kedua pelaku curanmor itu adalah DA (27) dan TN (29). Keduanya sempat dikeroyok massa sebelum polisi datang untuk menyelamatkannya. 

Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 17 Mei 2018 malam. Awalnya DA, TN dan TJ berniat mencuri sepeda motor Honda Beat di depan Rusunawa Apron.  

Saat keduanya mencongkel lubang kunci sepeda motor tersebut, seorang satpam bernama Dwi memergoki aksi mereka.

Saat Dwi mendekat, salah satu tersangka menodongkan senjata api rakitan kepadanya. Lantaran di bawah ancaman senjata rakitan, Dwi memilih menyelamatkan diri dan menghindar dengan berlari menjauh dari kedua pelaku Curanmor itu. 

"Pelaku dipergokin satpam di parkiran Rusun Apron sedang mencongkel sepeda motor Honda Beat," ujar Kapolsek Kemayoran, Kompol Saiful Anwar di Jakarta, Jumat, 18 Mei 2018.

Meski panik karena nyawanya terancam, namun Dwi tetap berupaya melakukan pencegahan. Yakni dengan melaporkan kejadian itu ke Polsek Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berbekal laporan tersebut, Polisi bergerak cepat dengan mendatangi lokasi. Polisi pun berupaya mengepung tempat parkir Rusunawa. Kedua tersangka akhirnya ditangkap, hanya TJ yang lolos melarikan diri sebelum polisi datang.

Warga yang sudah ramai di lokasi langsung menghujani DN dan TN dengan bogem mentah hingga mereka berdua babak belur.

Hingga saat ini, kedua tersangka telah mendekam di rutan sementara Polsek Kemayoran.  Sedangkan pemilik motor Beat yaitu Zubaedah (32) sudah diperiksa polisi guna dimintai keterangan. MG/

Reporter: Walda Marison
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500