Lebaran Jatuh Hari Jumat, MUI: Khatib Salat Id Jangan Provokatif

Estimasi Baca :

Dok. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin. Foto: Antara - Kriminologi.id
Dok. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin. Foto: Antara

Kriminologi.id - Kementerian agama menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia menyampaikan agar para khatib menyampaikan ceramah salat Idul fitri menyampaikan ajakan-ajakan yang bersifat provokasi dan politik praktis.

Pemerintah menetapkan Hari Lebaran 2018 jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018 setelah Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat Awal Syawal 1439 Hijriah di Kantor Kemenag MH Thamrin Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018.

Usai sidang isbat tersebut Ketua Umum MUI, Maruf Amin menyampaikan agar pada khatib salat Idul Fitri tidak menyampaikan ceramah yang bersifat provokatif dan politik praktis.

“Jangan sampai ada khatib yang justru merusak suasana yang indah yang baik ini dengan khutbah-khutbah yang melakukan provokasi di dalam khutbahnya. Dan jangan kami harap khutbahnya itu membawa kepada suasana politik praktis jangan sampai menyampaikan ajakan-ajakan yang bersifat politik praktis. Sebab dalam jamaah kita itu warna politiknya macam-macam. Kalo tidak, itu bisa merusak suasana,” ujar Maruf Amin di Kantor Kemenag MH Thamrin Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018.

Maruf juga mengajak hari raya Idul Fitri dijadikan sebagai momentum untuk lebih mempererat silaturahim kita karena hari raya adalah hari kasih sayang. Sehingga jika ada hal-hal yang kurang tersambung, kata dia, maka pada hari raya ini kita jadikan tempat kita menyambung kembali. Baik silaturahim sesama muslim atau sesama warga bangsa. 

Sidang Isbat tersebut dihadiri sejumlah unsur seperti dari duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Selain itu, hadir juga delegasi Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Baca Selengkapnya

Home Hard News Umum Lebaran Jatuh Hari Jumat, MUI: Khatib Salat Id Jangan Provokatif

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu