Ledakan Keras di Ruko Grand Wijaya, Dapur Sempit dan Tak Ada Ventilasi

Estimasi Baca :

Kondisi Lokasi Ledakan di  Ruko Grand Wijaya. Foto: JKTinfo/instagram - Kriminologi.id
Kondisi Lokasi Ledakan di Ruko Grand Wijaya. Foto: JKTinfo/instagram

Kriminologi.id - Ledakan yang terjadi di Ruko Grand Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu dipicu banyak faktor. Selain kebocoran regulator gas, lokasi dapur yang sangat sempit dan tak ada ventilasi pun menjadi penyebab terjadinya ledakan. 

Kabid Balistik dan Metalurgi Forensik (Balmetfor) Puslabfor, Bareskrim Mabes Polri, Kombes Ulung Kanjaya mengatakan tak adanya ventilasi menjadi penyebab ledakan tersebut. 

"Enggak ada ventilasi. Ke belakang situ udah tertutup dinding," ujar Kombes Ulung Kanjaya. 

Ulung menambahkan, di dapur itu terdapat exhaust, atau alat untuk menghisap asap, akan tetapi tidak menghisap gas yang terletak di bawah. 

Penyedot asap itu hanya berfungsi menghisap asap dari kompor. "Tapi kalau gas yang ini enggak keisep," ujarnya kepada media di TKP ledakan, ruko Grand Wijaya II Blok F, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 12 Juli 2018.

Diketahui sumber ledakan berasal dari dapur PT Provindo Nusa & KJPP Febriman Siregar Partner. Gas membubung dan menyebar keseluruh ruangan hingga menyambar saklar listrik dan mesin dispenser yang letaknya tidak jauh dari tempat sumber kebocoran. 

Ledakan pun terjadi karena gas bercampur dengan panasnya aliran listrik. "Jadi kalau ada sumber listrik itu bahaya yang di dapur itu bisa menyebabkan ledakan," tuturnya.

Pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab bocornya regulator yang menyambungkan selang gas dan kompor. "Masih belum tau apakah regulatornya yang rusak atau salah pasang masih kita dalami," lanjutnya.

Sebanyak 11 ruko pun terkena dampak kerusakan dari ledakan tersebut. "Belum bisa kita taksir kerugianya," pungkasnya.

Ia melanjutkan pihaknya sudah membawa beberapa barang bukti guna di teliti oleh tim Puslabfor Bareskrim Mabes Polri. Barang barang tersebut diantaranya gas LPG 12 Kg, kompor gas, tumpukan kertas yang rusak akibat ledakan tersebut.

Di tempat dan waktu yang sama, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Indra Jafar mengatakan pihaknya akan terus menyelidik kasus peledakan tersebut. MSA

Baca Selengkapnya

Home Hard News Umum Ledakan Keras di Ruko Grand Wijaya, Dapur Sempit dan Tak Ada Ventilasi

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu