Penampakan salah satu ruang penyimpanan di sebuah pabrik pil PCC yang berada di Cipondoh, Tangerang. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Lubang Tersembunyi di Pabrik Pil PCC Kavling DPR, Tangerang

Estimasi Baca:
Senin, 6 Ags 2018 18:20:42 WIB

Kriminologi.id - Polisi menggerebek rumah tiga lantai yang digunakan sebagai gudang dan pabrik pembuatan pil Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC). Jutaan butir obat-obatan yang masuk sebagai narkotika golongan 1 berhasil disita. Bakan, dalam penggerebekan itu polisi menemukan lubang rahasia yang dijadikan tempat penyimpanan. 

Lubang rahasia itu ditemukan polisi saat menggeledah rumah yang berada di Kavling DPR, Cipondoh, Tangerang, Banten dan berhasil menyita jutaan butir pil PCC.

Lubang yang berada di lantai dua rumah itu tepat berhadapan dengan kamar mandi. Lubang yang berbentuk persegi itu diketahui berdiameter sekitar satu meter serta memiliki kedalaman sekitar 60 sentimeter.

Bahkan, lubang yang tepat berada di bawah tangga untuk menuju ke lantai tiga itu diperkirakan memiliki luas 5 meter persegi. 

Salah seorang anggota polisi yang enggan disebutkan namanya mengatakan pada hari-hari sebelum penggerebekan lubang itu ditutup dengan menggunakan papan kayu.

"Biasanya ditutupin kayu gitu. Tapi fungsinya untuk menyimpan bahan baku," katanya kepada Kriminologi.id di lokasi, Senin, 6 Agustus 2018.

Penampakan salah satu ruang penyimpanan di sebuah pabrik pil PCC yang berada di Cipondoh, Tangerang. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id
Penampakan salah satu ruang penyimpanan di sebuah pabrik pil PCC yang berada di Cipondoh, Tangerang. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Lubang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan terlihat sangat gelap lantaran tidak ada satu pun sumber cahaya. Di dalam lubang itu juga terlihat dipenuhi karung-karung berwarna putih yang berisikan bahan baku pembuatan pil PCC.

"Ini memang digunakan untuk penyimpanan bahan baku aja. Mungkin buat ngumpetin jejaknya jadi ditaruh di situ," ucapnya.

Satresnarkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta menggerebek sebuah rumah yang dijadikan gudang penyimpanan obat-obatan terlarang yaitu, Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC).

Rumah berlantai tiga berwarna biru muda yang beralamat di Kavling DPR, Cipondoh, Tangerang, Banten, diketahui telah menjadi tempat penyimpanan obat PCC dalam beberapa tahun terakhir.

Penggerebekan rumah itu bermula saat polisi mendapatkan satu paket yang diketahui berisi ratusan pil PCC dan berasal dari Makassar. Dari paket itulah polisi melakukan pengembangan dan berhasil menangkap seorang yang merupakan penerima paket.

"Kami tangkap si penerima paket dan kami kembangkan ke rumah yang dijadikan gudang penyimpanan ini ya," kata Kasat Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Arief Ardiansyah, Senin, 6 Agustus 2018.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500