Para pelaku pemerasan hingga ratusan juta di Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Modal Dasi Berlogo Reskrim, Empat Pelaku Peras Pria Tua Rp 100 Juta

Estimasi Baca:
Rabu, 1 Ags 2018 17:30:22 WIB

Kriminologi.id - Bermodalkan dasi berlogo satuan reskrim, empat pria bernama Hermansyah (31), Alfi Dariansyah (27), Ikbal (45), dan Nasuki (37) berhasil memeras seorang pria tua hingga puluhan juta rupiah. 

Aksi pemerasan keempat pria ini dilakukan dengan cara berpura-pura sebagai anggota polisi dan mendatangi kediaman M. Nur Antaya (53) yang berada di Jalan H. Sholeh II RT04/02, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis, 19 Juli 2018.

Kala itu, para tersangka yang ada di rumah langsung menuding korban telah melecehkan seorang bocah berusia 12 tahun yang bernama Bela. Namun, lantaran merasa tak pernah mengenal sosok bocah itu, Nur menampik tudingan tersebut.

Sayangnya, penampilan para tersangka yang sangat menyerupai anggota polisi telah membuat Nur ketakutan. Bahkan, para tersangka sempat memukuli dan mengikat tangan Nur.

"Para pelaku ini berpura-pura sebagai polisi dan merekayasa kasus asualisa itu, padahal tidak ada," ucap Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol Mardson Marbun kepada Kriminologi.id dalam keterangannya, Rabu,1 Agustus 2018.

Tak hanya memukuli Nur, para tersangka pun terus menekannya dengan mengancam akan membawanya ke kantor polisi jika tak mengakui perbuatan sebenarnya yang tak pernah dilakukannya itu. Hingga akhirnya, para tersangka menawarkan kesepakatan agar Nur dapat lepas dari jerat hukum dengan cara membayarkan uang sebesar Rp 100 juta. 

Nur yang telah ketakutan itu meminta kepada para tersangka untuk menurunkan harga kesepakatan itu. Setelah beberapa lama bernegosiasi, akhirnya Nur dan para tersangka sepakat dengan nilai Rp 70 juta.

"Setelah sepakat, korban menyerahkan uang Rp 30 juta dan berjanji akan melunasimya dengan cara mencicil," kata Marbun.

Usai menerima uang, para pelaku meninggalkan rumah korban. Nur kemudian melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi. Dengan berbekal ciri-ciri pelaku dan memancing akan membayar sisa uang yang diminta, tepat pada Senin, 30 Juli 2018, para pelaku berhasil ditangkap di beberapa lokasi yang berbeda.

"Kita tangkap satu-satu ya. Kita pancing para pelaku untuk datang ke korban dengan alasan akan membayarkan uang yang diminta," ucap Marbun.

Kini atas perbuatannya, para tersangka telah mendekam di Mapolsek Kebon Jeruk dan juga dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan, dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500