Napi Rutan Kebonwaru Pakai Seragam, Cegah Kabur Saat Kunjungan Lebaran

Estimasi Baca :

Ilustrasi penjara di Lapas Permisan, Foto: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi penjara, Foto: Pixabay

Kriminologi.id - Pengelola Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru, Bandung punya cara unik untuk mencegah narapidana (napi) yang menjadi binaan mereka kabur pada saat momen kunjungan keluarga saat perayaan Idul Fitri atau lebaran.

Para napi yang menerima kunjungan keluarga akan memakai seragam baju koko putih untuk mempermudah pengawasan saat terjadi peningkatan kunjungan ke Rutan. 

"Khusus untuk kunjungan lebaran, napi akan menggunakan baju seragam koko putih. Penyeragaman ini untuk mencegah napi kabur saat dikunjungi pihak keluarga," kata Alviantino, Kepala Pengamanan Rutan Kebonwaru, Bandung, Jawa Barat, Kamis,  14 Juni 2018.

Ia mengatakan, langkah antisipasi lain yang dilakukan Rutan adalah pemeriksaan ketat barang bawaan keluarga napi yang akan datang berkunjung. Menurutnya, tak ada pengecualian yang diterapkan oleh Rutan untuk keluarga yang berkunjung. Baik anak maupun orang tua napi bebas bertemu saat perayaan lebaran.

Namun ia mengatakan, untuk memudahkan pengawasan oleh petugas Rutan, kunjungan keluarga napi saat lebaran itu akan dipusatkan pada satu titik yaitu di lapangan.

"Karena banyaknya keluarga napi, maka kami tempatkan di lapangan," jelasnya.

Piihak Rutan juga akan menyiapkan lahan parkir yang luas mengingat kunjungan sebelumnya yang membludak oleh kendaraan mobil keluarga pengunjung bekerja sama dengan STT Tekstil dan Kanwil Kemenkumhan setempat.

"Untuk lahan parkir kita siapkan di luar lahan parkir rutan. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan milik pengunjung. Lahan parkir di dua lokasi tersebut, " jelasnya.


Ia menambahkan, personel pengamanan di Rutan akan ditambah termasuk dari TNI dan Polri. Sementara waktu kunjungan yang disediakan oleh pihak Rutan adalah selama 5 hari terhitung sejak tanggal 15 Juni hingga 20 Juni 2018. RZ

Baca Selengkapnya

Home Hard News Umum Napi Rutan Kebonwaru Pakai Seragam, Cegah Kabur Saat Kunjungan Lebaran

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu