Pabrik tahu meledak di kota Batu Malang. Foto : Arie Hyuten Mitsurugi? /Facebook

Pabrik Tahu Rumahan Meledak, Pemiliknya Tewas dan 3 Orang Luka Berat

Estimasi Baca:
Jumat, 18 Mei 2018 18:05:18 WIB

Kriminologi.id - Industri rumahan yang memproduksi tahu di Jalan Wukir RT 01 RW 05 Dusun Putuk, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Jawa Timur, mengalami insiden kecelakaan. Pada Jumat, 18 Mei 2018 sekitar pukul 10.00 WIB terjadi ledakan di industry rumahan tersebut. Akibatnya, seorang meninggal dunia di tempat kejadian dan empat orang lainnya luka berat.

Adalah Dedik Tri Widaryanto, pemilik industri rumahan tersebut orang yang menjadi korban meninggal dunia akibat ledakan tersebut. Menurut informasi yang dihimpun, pria berusia 42 tahun yang akrab disapa Didik atau Boneng itu telah menjalankan bisnis pembuatan tahu sehak 4 bulan lalu. 

Adapun korban luka berat berjumlah empat orang antara lain istri Didik bernama Enik Susanti (38). Kemudian seorang adalah adik iparnya Nunuk (30). Lalu dua keponakannya bernama Zahra (5) dan Erina (8). Pada saat terjadinya ledakan, diketahui keempat korban luka tengah berada di dalam rumah. 

“Iya, satu meninggal dunia saat berada di lokasi pembuatan produksi tahu. Lalu ada empat lainnya yang mengalami luka sudah di bawa ke Rumah Sakit Karsa Husada,” kata Kapolsek Batu, Ajun Komisaris Arinto Priyo, saat dikonfirmasi Jumat, 18 Mei 2018. 

Menurut Arinto, ledakan di tempat industri tahu rumahan milik Didik diduga penyebabnya berasal dari ketel uap. Saat itu, Didik baru saja memulai untuk proses pembuatan tahu.

Saat prosesnya masih dalam bentuk kedelai, diduga boiler atau alat untuk menghasilkan uap air tenaga gerak yang akan digunakan untuk proses pemanasan kondisinya terlalu panas. Dari situlah kemudian meledak. 

“Dari hasil olah tempat kejadian perkara, diduga ketelnya meledak karena kepanasan. Namun ini masih kita dalami. Kita lihat nanti,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pemantauan di lokasi kejadian, kondisi rumah Didik tampak hancur di bagian dapur. Tak hanya rumah Didik, ledakan tersebut juga berimbas ke sebagian rumah tetangga mengalami kaca dan lampu pecah, serta genteng rusak. Polres Batu telah mengevakusi jasad Didik dan melarikan korban luka ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan. 

KOMENTAR
500/500