Suasana mudik di terminal Kalideres, Jakarta Barat. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Pasang 25 CCTV, Terminal Kalideres Pantau Pelaku Hipnotis dan Pungli

Estimasi Baca:
Selasa, 12 Jun 2018 16:10:10 WIB

Kriminologi.id - Aksi kejahatan seperti pencurian menggunakan modus hipnotis dan obat bius marak terjadi pada saat mudik lebaran. Tak terkecuali di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Untuk mengantisipasi timbulnya aksi kejahatan demikian, puluhan kamera pengawas CCTV dipasang di sekitar terminal tersebut. 

Pemasangan puluhan kamera pengawas CCTV itu tak hanya untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan. Tapi tujuannya juga meminimalisir adanya pungutan liar atau pungli.

“Saat ini ada 25 kamera CCTV yang sudah terpasang. Jadi, semua aktifitas di terminal sudah bisa kami pantau,” kata Kepala Terminal Bus Kalideres, Revi Zulkarnaen, kepada Kriminologi.id di Jakarta, Selasa, 12 Juni 2018.

Meski telah memasang puluhan kamera CCTV, kata Revi, jumlah itu masih dinilai belum mencukupi. Pasalnya, masih ada beberapa titik di kawasan terminal yang belum terjangkau kamar pengawas.

Untuk menutupi kekurangan itu, pihak terminal telah mengantisipasinya dengan cara menghadirkan beberapa pos kemanan yang tersebar di berbagai sudut terminal. Dengan demikian, sulit rasanya bagi para pelaku kejahatan melakukan aksinya di Terminal Kalideres.

“Kami akui jumlah (kamera CCTV) itu belum ideal, tapi kami sudah melakukan antisipasi dan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mencegah kejahatan," kata Revi. TD

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500