Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto. Foto: Tribratanews

Pasukan Khusus Jaga Pemudik ke Cirebon, Pembegal Bakal Ditembak Mati

Estimasi Baca:
Selasa, 12 Jun 2018 20:40:59 WIB

Kriminologi.id - Polres Cirebon menerjunkan pasukan khusus guna mengawal arus mudik dan balik lebaran 2018. Pasukan khusus tersebut nantinya akan berjaga di berbagai penjuru wilayah Cirebon.

"Kita terjunkan pasukan khusus mas, namanya Tekab 852 yang bersiaga penuh dengan senjata lengkap di wilayah barat, utara, tengah dan timur Cirebon," kata Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, Selasa, 12 Juni 2018, seperti dilansir rri.co.id.

Pasukan khusus tersebut, ia menjelaskan, juga disiapkan untuk mengantisipasi aksi pelaku tindak kejahatan jalanan seperti begal dan perampok yang melakukan tindak kriminal terhadap para pemudik.

"Kita akan tembak di tempat para pelaku kejahatan tersebut, tidak ada ampun, ini demi kenyamanan para pemudik," ujarnya.

Suhermanto mengatakan, kesiapsiagaan tersebut merupakan hal yang wajib bagi setiap anggota kepolisian dalam mengamankan wilayah dan tentunya mengamankan para pemudik.

"Ini tugas kita, ini tanggung jawab kita untuk berikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dari berbagai ancaman ganguan kriminal yang siap menghadang. Selain itu juga kepada warga atau pemudik jika jadi korban untuk cepat melapor ke polisi agar cepat kita kejar dan tangkap para pelakunya," katanya.

Sejak pengamanan arus mudik dimulai pada 7 Juni 2018 atau H-3 hingga pada 12 Juni 2018, ia mengaku, belum ada kejadian pembegalan atau perampokan terhadap pemudik, maupun masyarakat lainnya.  

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan jajarannya mengambil tindakan tegas, seperti tembak di tempat terhadap pelaku begal dan kejahatan lainnya, jika beraksi di jalur mudik 2018. 

Tindakan tegas terukur itu dapat dilakukan di wilayah-wilayah rawan kejahatan seperti, Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel).

"Nanti kalau (pelaku begal) ketangkap tembak-tembakin saja, sudah saya perintahkan itu," ujar Tito di Posko Terpadu Angkutan Lebaran (Angleb) 2018, di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon, Banten, Senin, 11 Juni 2018.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500