Dok. Presiden Filipina, Duterte, Foto: Facebook/@PresidentRodyDuterteDU30

Pejabat Dipecat Usai Bocorkan Kekayaan Presiden Rodrigo Duterte

Estimasi Baca:
Kamis, 2 Ags 2018 11:05:56 WIB

Kriminologi.id - Seorang pejabat Ombudsman, Arthur Carandang dipecat karena mengungkap rincian kekayaan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Ia dianggap berpihak pada Senator Antonio Trillanes yang merupakan penentang keras Duterte. 

Pemecatan Carandang diumumkan langsung oleh Kantor Kepresidenan Filipina. 

Sekretaris Eksekutif Salavador Medialdea mengatakan, Carandang bertanggung jawab atas pengkhianatan terhadap kepercayaan publik karena menyiarkan bukti yang dia miliki tentang dugaan kekayaan Duterte dan keluarganya yang tak dinyatakan.

Penelusuran kekayaan Duterte dan keluarganya dilakukan oleh Ombudsman, sebuah lembaga mandiri di FIlipina.

Penelusuran itu dilakukan menyusul keluhan senator Trillianes yang menuding Duterte mengumpulkan harta hingga 2,2 miliar Peso secara ilegal saat masih menjadi Wali Kota.

Meski tudingan itu telah dibantah Duterte, Ombudsman tetap melanjutkan penelusuran.

"Carandang dipecat karena "bersalah akibat keberpihakan" kepada Senator Antonio Trillanes, penentang keras Duterte, dengan maksud menyiarkan informasi yang merugikan kepada presiden," demikian keputusan Madialdea seperti dilansir Reuters, Kamis, 2 Agustus 2018.

Mengutip sebuah laporan dari Dewan Anti Pencucian Uang, Medialdea juga mengatakan angka-angka yang Carandang sampaikan sebagai, "salah dan menyesatkan". 

Carandang belum menanggapi pemecatan yang dilakukan tersebut.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500